aletlora.com
Doa adalah percakapan dengan Tuhan dan kesediaan untuk meng'amini' kehendak-Nya. Tetaplah 'bicara' dan setialah 'mendengar'. Itulah DOA.

View : 4269 kali


Catatan Refleksi
12 Pebruari 2012
Vita Est Brevis
Pdt. A. Letlora

' HIDUP YANG TIDAK DIPIKIRKAN ADALAH HIDUP YANG TIDAK LAYAK DIJALANI ' ( SOCRATES ).

Rekan-rekan pemuda, hidup itu singkat, vita est brevist sehingga kualitas hidup tidak hanya soal angka-angka tetapi soal karya. Masa muda tidak akan berlangsung terus menerus dan karena itu diperlukan kemauan kuat untuk memberi arti pada masa muda. Salah satu cara untuk itu ialah memiliki kepekaan mendengar suara Tuhan ( ayat 9 ). Ditegah-tengah berbagai suara yang kita dengar dewasa ini diperlukan kerendahan hati untuk dituntun oleh suara Tuhan. Suara yang kita dengar dapat saja menjadi 'polusi ' yang membuat kita tidak memiliki ketajaman pendengaran. Suara kebebasan yang tidak teratur, suara individualis yang membuat kita terasing, suara konsumerisme yang membuat kita menjadi tidak pernah puas alias tamak dan semua suara yang sejenis dengan itu.

Samuel dituntun untuk dapat mendengar suara Tuhan, sesuatu yang berharga sehingga ia dapat diperlengkapi. Mendengar memang bukan hal mudah sebab kecenderungan manusia adalah berbicara dan hanya mau didengar. Disini rekan-rekan pemuda diajak untuk mau mendengar suara-suara yang tidak bersuara ( voice of the voiceless ). Suara-suara pergumulan dan dambaan akan pendampingan dari teman-teman disekitar kita. Suara-suara yang lemah dari sahabat-sahabat kita yang telah jatuh dalam jeratan individualisme dan konsumerisme. Kita hadir bagi mereka dan menjadi sahabat yang setia dengan uluran tangan penuh kasih.

Didalamnya kita perlu untuk berdiam diri sejenak agar dilengkapi oleh Tuhan dengan Firman-Nya. Suara Tuhanlah yang akan menolong kita menjalani waktu masa muda sehingga hidup menjadi sesuatu yang serius untuk dijalani. Hidup itu singkat dan waktu terus berjalan, untuk itu kita perlu memberi makna pada hidup yang adalah anugerah Allah. Dalam pengertian inilah makna Sumpah Pemuda menjadi berarti, sebab sebagai orang muda kita tidak hanya bersuara lantang tentang kebebasan dan pembaruan namun sekaligus dalam keheningan diri kita mendengar suara Allah yang membebaskan dan membaharui.
Maju terus bersama Yesus, sebab dalam persekutuan dengan-Nya masa muda kita tidak pernah sia-sia.


Pdt. Alexius Letlora D.Th





Arsip Catatan Refleksi:

Rabu, 22 April 2020
NYANYIAN MUSA NYANYIAN KEHIDUPAN

Rabu, 13 Nopember 2019
HIDUP SEBAGAI TANDA KESAKSIAN

Selasa, 29 Oktober 2019
TOLSTOY DAN GPIB TENTANG CINTA (Renungan HUT GPIB Ke-71 31Okt 1948 - 31 Okt 2019)

Jumat, 06 September 2019
WARISAN UNTUK ANAK-ANAK KITA

Minggu, 23 Juni 2019
KELUARGA YANG BIJAKSANA

Sabtu, 05 Januari 2019
WAKTUNYA TAMPIL DI MUKA UMUM

Minggu, 06 Januari 2019
MILIKILAH IMAN SEKALIPUN TIDAK MELIHAT

Senin, 24 Desember 2018
NATAL MEMANG MAHAL

Rabu, 12 Desember 2018
TINDAKAN NYATA DAN BENAR

Rabu, 12 Desember 2018
HATI-KU AKAN BAIK KEMBALI

Arsip Catatan Refleksi..

Mengenai Saya:

Pdt. Alexius Letlora D.Th
Saya adalah Pendeta di Jemaat FILADELFIA, Bintaro. Melayani selama 30 tahun sejak desa Baras (Sulawesi Barat). Istri Conny Alma Letlora - Sumual, menjadi pendamping yang turut terlibat mendorong saya untuk semakin bertumbuh dalam pelayanan.
Kami diberkati 26 tahun yang lalu dan dikaruniakan anak-anak,  Linkan, Kezia dan Andrew sebagai anugerah Tuhan kepada kami. Kami sekeluarga bersyukur untuk semua kebaikan Tuhan dalam hidup kami.
MAJU TERUS BERSAMA YESUS SEBAB DALAM PERSEKUTUAN DENGAN-NYA JERI LELAH KITA TIDAK PERNAH SIA-SIA.
Popular:


HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
GEREJA YANG MELAYANI DAN BERSAKSI - DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN JEMAAT
MAKNA KEMATIAN YESUS (Jumat Agung)
SEPATU YANG BERLUBANG
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
TUJUAN KETERPILIHAN MANUSIA
`SUAMI-ISTRI YANG DIKAGUMI DAN DICINTAI`


Sub Kategori Catatan Refleksi:
Last Searches:

Kategori Utama: Artikel (45), Catatan Refleksi (78), Download Materi (2), Khotbah (184), Photo Keluarga (34)