aletlora.com
Doa adalah percakapan dengan Tuhan dan kesediaan untuk meng'amini' kehendak-Nya. Tetaplah 'bicara' dan setialah 'mendengar'. Itulah DOA.

View : 10195 kali


Artikel
Selasa, 13 Oktober 2015
1 Petrus 2:9
KEPEMIMPINAN KRISTEN
Pdt. Alexius Letlora

KEPEMIMPINAN KRISTEN (Materi Bina disampaikan di GPIB Jemaat "Zebaoth", 22 Agustus 2015)

Pendahuluan.
Panggilan dan pengutusan umat Tuhan selalu ditempatkan dalam bingkai "memberitakan" perbuatan-perbuatan Allah yang besar (1 Pet.2:9). Perbuatan Allah yang besar adalah mengasihi manusia, bukan sebagai pilihan tetapi sebagai hakekat Allah yang adalah Kasih. Bertolak dari gagasan ini maka setiap manusia yang mengalami karya penyelamatan Allah didalam Yesus Kristus menjadi manusia baru yang terus menerus diperbarui guna menjawab kasih-karunia Allah.

Pembaruan ini mengkristal di semua lini kehidupan manusia sehingga manusia menjadi wahana bagi kemuliaan Allah yang menyatakan karya-Nya secara berkelanjutan. Inilah manusia yang dipercaya mengelola dan menata karya ciptaan Allah dalam kerangka menghadirkan damai sejahtera secara menyeluruh.

Hubungan antara manusia baru dan kepemimpinan Kristen yang saling melengkapi akan memberi makna pada kepemimpinan itu sendiri. Disinilah ketrampilan teknis seorang pemimpin dikendalikan oleh motivasi sehingga memiliki orientasi sebagaimana disebut oleh Eka Darmaputera sebagai kepemimpinan dengan 'God oriented' dan juga 'Others oriented' .

Yesus adalah model yang sempurna tentang motivasi kepemimpinan yang bermuara pada dua ranah penting yakni memuliakan Allah dan menjumpai sesama.

A. PANDANGAN UMUM TENTANG KEPEMIMPINAN.

Pengertian tentang arti dan hakekat kepemimpinan sangat penting bagi seorang pemimpin. Sebab sadar atau tidak sadar, sengaja atau tidak sengaja, kepemimpinan yang dipraktikkan seorang pemimpin akan diwarnai oleh pemahaman internalnya tentang arti kepemimpinan itu sendiri. Demikian pula seorang pemimpin Kristen, pola kepemimpinannya akan ditentukan oleh pemahaman dan penghayatannya tentang arti kepemimpinan itu sendiri. Jika makna kepemimpinan sekuler yang dihayatinya, maka sekalipun ia dikenal sebagai "pemimpin Kristen" tetapi sesungguhnya praktik kepemimpinannya bukan "kepemimpinan Kristen" Sebaliknya, jika ia menghayati dan menerapkan kepemimpinan yang berbasis ajaran Kristiani-berlandaskan perspektif Alkitab-maka kepemimpinannya layak disebut kepemimpinan Kristen.

1. Arti pemimpin.
Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Mengutip Henry Pratt Fairchild, Kartini Kartono mengatakan, pemimpin dalam pengertian luas, seorang yang memimpin, dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, menunjukan, mengorganisir atau mengontrol usaha/upaya orang lain, atau melalui prestise, kekuasaan, atau posisinya. Dalam pengertian terbatas, pemimpin adalah seorang yang memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasifnya, dan akseptansi/penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya . Berdasarkan beberapa definisi dari kata "pemimpin", Kartini Kartono mendefinisikan pemimpin sebagai pribadi yang memiliki kecakapan khusus, dengan atau tanpa pengangkatan resmi dapat mempengaruhi kelompok yang dipimpinnya, untuk melakukan usaha bersama mengarah pada pencapaian sasaran-sasaran tertentu .

Robins mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah sebuah tindakan mengatasi perubahan dengan menetapkan arah melalui pengembangan visi, kemudian menyelaraskan visi tersebut dengan anggota organisasi melalui komunikasi dan member inspirasi untuk mengatasi rintangan (overcome hurdles) . Untuk mencapai tujuan bersama tersebut seorang pemimpin memilki kuasa yang bersumber secara formal dari posisi yang dijabatnya, sekalipun demikian hal ini tidak bisa diandalkan sebagai satu - satunya sumber kuasa sebab dewasa ini dibutuhkan pemimpin dengan kekuatan untuk menciptakan visi, tidak puas dengan status quo dan selalu menggerakkan anggota dari dalam .

2. Gaya Kepemimpinan.
Secara umum terdapat banyak teori tentang gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan dengan aspek psikologi Erich Fromm hingga gaya kepemimpinan sebagaimana diungkapkan oleh Rensis Likert (eksploitatif, otoritatif, konsultatif maupun partisipatif ) semua bermuara pada relasi antar personal yang memberi diri sebagai pemimpin maupun pengikut.


B. PANDANGAN FIRMAN TUHAN TENTANG KEPEMIMPINAN.

Kepemimpinan dalam perspektif Firman Tuhan senantiasa diwarnai dengan gema yang kuat bahwa hanya Allah yang menjadi pemimpin. Firman Tuhan senantiasa mengarahkan setiap pemimpin dalam konteksnya untuk menempatkan Allah dipusat kepemimpinan mereka.
Dasar teologis-filosofis yang harus dipahami dan harus ada pada seorang pemimpinan Kristen ialah:
1. Pemimpin Kristen harus memahami dasar kepemimpinan Kristen bahwa ia terpanggil sebagai - "pelayan-hamba" (Makus 10:42-45). Sebagai pelayan, pemimpin terpanggil kepada tugas yang olehnya ia menjadi pemimpin. Sebagai hamba, ia terpanggil dengan status menghamba kepada TUHAN, yang harus diwujudkan dalam sikap, sifat, kata, dan perbuatan.
➢ Pemimpin Kristen harus memiliki motif dasar kepemimpinan Kristen yaitu; . "membina hubungan" dengan orang yang dipimpinnya dan orang lain pada umumnya (Markus 3:13-19; Matius 10:1-4; Lukas 6:12-16). Dalam kaitan ini, perlulah disadari bahwa kadar hubungan-hubunganlah yang menentukan keberhasilan seseorang sebagai pemimpin.
➢ "mengutamakan pengabdian" (Lukas 17:7-10). Mengutamakan pengabdian menekankan bahwa "kerja" adalah fokus, prioritas, sikap serta tekanan utama, sehingga ia akan mengabdikan diri untuk melakonkan tugas kepemimpinan dengan sungguh-sungguh.


2. Pemimpin Kristen harus memahami PROSES KEPEMIMPINAN serta ketrampilan memimpin, antara lain:
➢ Ia harus mengetahui tujuan (tujuan Allah, tujuan organisasi, tujuan operasi kerja) dari institusi/organisasi yang dipimpinnya.
➢ Ia perlu mengenal tanggung jawab serta tugas yang dipercayakan kepadanya.
➢ Ia harus memahami dan mengenal fungsi pengelolaan kerja (manajemen) - (Lukas 14:28-30).
➢ Ia harus berupaya mengenal setiap orang yang dipimpinnya untuk mempermudah penggalangan serta pembinaan hubungan antara pemimpin-bawahan, sebagai dasar untuk melaksanakan kinerja kepemimpinan yang berkualitas. Kondisi hubungan baik antara pemimpin dengan para bawahan sangat menentukan pelaksanaan kerja yang dapat dilakukan dengan baik pula.
➢ Ia harus mengerti dengan baik bagaimana caranya mencipta hubungan, kondisi yang kondusif, serta pemenuhan kebutuhan dari bawahannya dalam upaya memperlancar uapaya dan kinerja kepemimpinan.

C. Dasar Etika-Moral Kepemimpinan Kristen

Kepemimpinan Kristen memiliki dasar etika-moral yang Alkitabiah. Dalam kepemimpinan Kristen, presuposisi dasar etika-moral dilandaskan atas fakta dan dinamika "inkarnasi" Yesus Kristus (Yohanes 1:1-14, 18; Filipi 2:1-11). Konsep inkarnasi dalam kepemimpinan Kristen yang dibangun di atas fakta "inkarnasi Yesus Kristus" yang memiliki kisi kebenaran berikut:
➢ Dasar perilaku etika-moral kepemimpinan Kristen adalah pribadi Yesus Kristus, termasuk: kehidupan, karya, ajaran dan perilaku-Nya, di mana seluruh kerangka kepemimpinan Kristen dibangun di atas dasar ini (I Yohanes 2:6).
➢ Orientasi dan pendekatan etika-moral kepemimpinan Kristen bersifat partisipatif yang berlaku dalam penerapan kepemimpinan Kristen pada segala bidang hidup (Lukas 4:18-19).
➢ Dinamika etika-moral kepemimpinan Kristen terwujud oleh adanya transformasi hidup (individu/masyarakat) yang dibuktikan dengan pertobatan/pembaharuan/pemulihan hidup dan semangat kerja (individu/korporasi; banding: Roma 12:1-2, 8, 9-21).
➢ Perwujudan dasar etik-moral kepemimpinan Kristen di atas haruslah dinyatakan dalam sikap hati, kata dan perbuatan serta bakti setiap pemimpin Kristen secara nyata dalam bidang hidup berikut:
a. Pemimpin Kristen harus membuktikan diri sebagai pemimpin bertanggung jawab (Ibrani 13:17).
b. Pemimpin Kristen harus menemukan diri sebagai pemimpin yang bertumbuh (Kolose 2:6-7; 3:5-17).
c. Pemimpin Kristen harus menjadi pemimpin model dalam keteladanan hidup dan kinerja (Ibrani 13:7-8).
d. Pemimpin Kristen harus memiliki: motivasi dasar Pelayan-Hamba (Markus 10:42-45), yang senantiasa menyadari akan status dan perannya sebagai pemimpin.
Motivasi dasar seseorang pemimpin seperti ini akan sangat menentukan sikap, perilaku, kata dan tindakan dari orang tersebut, baik terhadap diri, orang lain maupun pekerjaan. Karena itu, seorang pemimpin Kristen perlu memastikan apakah ia memiliki dasar etika-moral, orientasi dan motivasi yang sesuai dengan Firman Allah.
Dalam konsep kepemimpinan Kristiani, ada beberapa faktor utama yang menentukan keberhasilan seorang pemimpin. Faktor-faktor itu adalah:

* VISI (sense of mission)
"Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat," demikianlah dikatakan dalam Amsal 29:18. Visi adalah tujuan, sasaran, goal, arah, wahyu, mimpi yang hendak dicapai. John Stott mengatakan bahwa visi adalah suatu ihwal melihat, mendapat persepsi tentang sesuatu yang imajinatif, yang memadu pemahaman yang mendasar tentang situasi masa kini dengan pandangan yang menjangkau jauh ke depan.
Musa merupakan salah satu pemimpin besar yang mengerti benar mengenai visi. Ia berjuang keras memimpin bangsanya melawan penindasan Mesir, mengarungi padang gurun selama puluhan tahun, karena ia mendapat visi yang jelas tentang "Tanah Perjanjian".

* PENGETAHUAN & USAHA (knowledge-skill)
Visi harus dibarengi dengan pengetahuan yang cukup dan usaha. Tidak cukup bagi Musa untuk memimpikan suatu negeri yang berlimpah-limpah madu dan susunya. Ia berusaha mewujudkannya. Ia menghimpun, menyatukan dan mengatur orang Israel menjadi suatu bangsa. Ia menggunakan pengetahuan yang didapatnya selama pendidikan di Mesir dan pengalaman bersama Tuhan untuk memimpin mereka melintasi gurun yang penuh bahaya dan kesukaran sebelum akhirnya mencapai tanah Kanaan.

* KETEKUNAN & TANGGUNG JAWAB (sense of responsibility)
Ketekunan merupakan salah satu kualitas kepemimpinan yang paling utama. Musa lagi-lagi merupakan teladan ketekunan yang penuh ketabahan. Berkali-kali dalam hidupnya bangsa Israel "menggerutu" terhadap kepemimpinannya dan menentang wibawanya. Akan tetapi Musa tidak menyerah. Ia tidak lupa akan panggilan Allah kepadanya untuk memimpin bangsa itu. Ia bertanggung jawab melakukan perintah Tuhan untuk membawa bangsa itu keluar dari Mesir menuju tanah Kanaan.

* KARAKTER (Christlike Character)
Kepemimpinan Kristen merupakan kepemimpinan yang berpusat pada Yesus Kristus. Tidak seorangpun yang akan mampu menjadi pemimpin Kristen yang handal bila ia tidak lebih dulu berjumpa secara pribadi dengan Yesus dan menjadi ciptaan baru (II Korintus 5:17).

Ketika seorang menghendaki untuk menjadi pemimpin yang efektif, ia harus memiliki karakter yang baik. Lynn E. Samaan dan Dunnam, pakar kepemimpinan mengatakan, "Pemimpin Kristen menerima kehidupan Kristus dengan iman dan menerapkannya dengan komitmen, disiplin dalam perilaku/perbuatan, dimana kehidupannya setiap waktu mengungkapkan Kristus yang hidup di dalamnya sebagai kesaksian kepada dunia." Tujuan utama pengembangan karakter adalah "kualitas hidup" yaitu kualitas hidup rohani yang berpusatkan Kristus (band. 3 Yoh. 1:2). Kualitas hidup ini dipengaruhi oleh pekerjaan Roh Kudus dalam semua aspek dan peristiwa hidup serta respon atau komitmen (sikap) terhadap peristiwa serta pengalaman hidup tersebut. Buah Roh akan makin terpancar dalam kehidupan sementara buah daging makin terkikis.
Salah satu karakter pemimpin Kristen yang diinginkan Yesus terlihat dalam firman-Nya, "Kamu tahu bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi...Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar diantara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu...Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani... (Markus 10:42-45). Panggilan kita adalah untuk melayani bukan untuk dilayani dan menguasai. Pemimpin harus melayani dan memperhatikan kebutuhan bawahannya. Memberi kesejahteraan pada mereka, sehingga bawahan akan bersemangat menopang pemimpinnya. Seperti Yesus yang mencukupi kesejahteraan murid-murid-Nya dengan menunjuk bendahara untuk mengelola keuangan. Pemimpin Kristen bukanlah pemimpin-penguasa, melainkan pemimpin-hamba. Otoritas memimpin dilakukan bukan dengan kekuasaan melainkan kasih, bukan kekerasan melainkan teladan, bukan paksaan melainkan persuasif.


D. BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH PEMIMPIN KRISTEN.
1. Relasi suami - istri: pada titik ini kepemimpinan menjadi sesuatu yang tidak berarti ketika keberhasilan di dunia usaha tidak pararel dengan keberhasilan relasi suami - istri.

2. Kelelahan : pada beberapa tokoh alkitab nampak bahwa kelelahan / keletihan rohani dapat menjadi gangguan dalam mengembangkan kepemimpinan. Musa, Elia bahkan Yesus memperlihatkan bahwa ada pengalaman yang sama , tetapi mengatasinya yang berbeda.

3. 'rubber neck` : pada bagian ini seseorang yang selalu menoleh kepada hal buruk akan menghambat jalannya organisasi dan tujuan mencapai sasaran akan terhambat.

4. Kasih. Kasih adalah sebuah pengorbanan. Sebab kasih tanpa keberanian untuk menderita pada hakekatnya adalah sikap 'take and give` dalam arti yang sempit. Mengasihi dapat diperlihatkan dalam tindakan yang non-permisif sehingga kasih tidak kehilangan nilai. Setiap orang dapat mengasihi namun hanya dalam Yesus Kristus kasih menjadi berarti, sebab mengasihi bukan untuk dikasihi, tetapi mengasihi sebab telah dikasihi.






Pdt. Alexius Letlora D.Th





Arsip Artikel:

Senin, 02 September 2019
ARTI SEBUAH KEBENARAN

Kamis, 07 Maret 2019
PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN 2019-2020

Kamis, 24 Januari 2019
KEKUATAN KELUARGA YANG BERSYUKUR

Rabu, 07 Februari 2018
PERUBAHAN RELASI SUAMI-ISTRI(dalam perspektif koseling-pastoral)

Jumat, 10 Nopember 2017
YESUS MEMANG POPULER NAMUN TIDAK POPULIS

Selasa, 31 Oktober 2017
ILUSI, DELUSI DAN GPIB - Sebuah Refleksi Di Usia Ke-69

Rabu, 28 September 2016
PERANAN PASANGAN DALAM PELAYANAN GEREJA

Senin, 19 September 2016
REMBRANT, YESUS, KITA

Kamis, 25 Agustus 2016
MEMAKNAI PERAN SEKTOR PELAYANAN DALAM PERSPEKTIF KEBUTUHAN KELUARGA.

Kamis, 25 Agustus 2016
PERAN KELUARGA YANG MEWUJUDKAN MISI ALLAH DALAM PERSPEKTIF KEHADIRAN GEREJA

Arsip Artikel..

Mengenai Saya:

Pdt. Alexius Letlora D.Th
Saya adalah Pendeta di Jemaat FILADELFIA, Bintaro. Melayani selama 30 tahun sejak desa Baras (Sulawesi Barat). Istri Conny Alma Letlora - Sumual, menjadi pendamping yang turut terlibat mendorong saya untuk semakin bertumbuh dalam pelayanan.
Kami diberkati 26 tahun yang lalu dan dikaruniakan anak-anak,  Linkan, Kezia dan Andrew sebagai anugerah Tuhan kepada kami. Kami sekeluarga bersyukur untuk semua kebaikan Tuhan dalam hidup kami.
MAJU TERUS BERSAMA YESUS SEBAB DALAM PERSEKUTUAN DENGAN-NYA JERI LELAH KITA TIDAK PERNAH SIA-SIA.
Popular:


HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
MAKNA KEMATIAN YESUS (Jumat Agung)
GEREJA YANG MELAYANI DAN BERSAKSI - DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN JEMAAT
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
SEPATU YANG BERLUBANG
TUJUAN KETERPILIHAN MANUSIA
`SUAMI-ISTRI YANG DIKAGUMI DAN DICINTAI`


Sub Kategori Artikel:

    Last Searches:
    bentuk pelayanan marturia dalam gereja pantekosta (1), gambar genggaman tangan ibu dan anak (1), Koleksi Foto model baju peneguhan sidi (1), Kotbah Kristen Peran Keluarga dalam pelayanan (2), maksud panggilan, dan pengutusan orang kristian (1), Pengertian tugas gereja dalam bersaksi (1), Pengutusan gereja di dunia antara harapan dan realita (1), 3 hal wujud keterlibatan dalam tugas gereja (1), 3 tanggapan gereja dlm pengutusan dan panggilan (1), 4 ciri pelayanan gereja dalam tugas melayani (1), 5 ciri khas gaya hidup bersaksi (1), 5 tugas gereja dan penjelasannya (1), 5 tugas tugas gereja dan penjelasannya (1), abstrak keluarga sbg gereja mini (1), ajaran teologi keluarga (1), akex letlora paduan suara (2), alasan peneguhan sidi menggunakan baju putih (1), alex letlora (1), alex letlora menikah (1), Alexius LetloRA (12), alexius letlora.com (1), alexius letora (1), alexletlora.com (1), allah sebagai penuntun (1), analisa teologi keluarga (1), anything (1), apa yang dimaksud dengan gereja yang melayani (1), apa arti gereja yang bersaksi (1), apa arti gereja yg melayani (2), Apa artinya gereja yang melayani (1), apa hubungan orang yang dipanggil yesus dengan Gereja (1), Apa hubungan pembangunan dengan pelayanan gereja (1), apa itu Gereja yang melayani? (1), apa itu panggilan dalam hubungannya dengan pilihan dan pengutusan (1), apa maksud kristus menghadirkan gereja di dunia (1), apa pengertian melayani dan bersaksi (1), Apa perbedaan antara bersaksi dengan melayani (1), apa tantangan yg dihadapi gereja dalam pengutusannya ke dunia (1), apa yang di maksud gereja untuk melayani (1), apa yang dgn gereja yang melayani (2), apa yang di maksud dengan gereja yang melayani (1), apa yang di maksud gereja yang bersaksi (1), Apa yang dimaksud dengan gereja harus bersaksi (1), apa yang dimaksud dengan gereja melayani (2), apa yang dimaksud dengan gereja yang bersaksi (2), apa yang dimaksud dengan gereja yang melayani (1), apa yang dimaksud dengan tugas Gereja bersaksi (3), apa yang dimaksud gereja untuk melayani (1), apa yang dimaksud gereja yang melayani (1), apa yang dimaksud gerja melayani (1), apa yg dimaksud gereja yang bersaksi (1), apakah jemaat perlu bersaksi tentang Tuhan (1), apakah lukas dan KPR merupakan kesatuan (2), Apakah pengertian koinonia,marturia,diakonia?????? (1), arti bersaksi menurut alkitab (1), arti dari gereja yang bersaksi (1), arti gereja bersaksi (1), arti gereja yang bersaksi (3), arti gereja yang melayani (11), arti gereja yang melayani adalah (1), arti gereja yg melayani secara konkrit (1), arti greja yang melayani (1), arti kebersamaan dalam keluarga (1), arti melayani bo (1), arti missio dei (1), arti pegangan tangan ibu dan anak (1), Arti tugas gereja yang bersaksi (1), arti tugas gereja yang melayani (1), artikel David G Benner (1), artikel hal keci yang menjengkelkan peristiwa 11 september (1), artikel melayani gereja (1), artikel peran allah dalam keluarga (1), Artikel Rencana Allah untuk Kehidupan Keluarga (1), artikel seorang bapak yang baik (1), artikel tentang bersaksi dan melayani (1), Artikel Teologi Keluarga (2), astromenda (1), ayah dan ibu alesius (1), ayat alkitab tentang pelayanan dalam paduan suara (1), ayat emas untuk peneguhan sidi (1), ayat renungan untuk acara angkatsidi (1), ayat yang menunjukkan allah membenci perusak hubungan (1), BAB 7 Gereja yang bersaksi (1), bagaimana gereja menyatakan tanda tanda kerajaan allah (1), bagaimana jemaat memberikan kesaksian melalui marturia (2), bagaimana peran kaum bapak terhadap negara (1), bagaimana seharusnya perilaku Pasangan Pendeta (1), bagaimana tugas gereja dalam bersaksi (1), bagaimana tugas greja dalam bersaksi (1), bahan khotbah pkb (1), bahan khotbah untuk yg angkat sidi (1), baju peneguhan sidi (3), baju putih sidi GPIB (1), baju sidi orang kristen (1), baju untuk peneguhan sidi jemaat (1), balung kere (1), bentuk gereja yang bersaksi (4), Bentuk jemaat bersaksi dgn tuhan (1), bentuk konkret gereja yang bersaksi (1), bentuk konkrit gereja yang bersaksi (1), bentuk pelayanan gereja (2), bentuk pelayanan gereja dalam hal bersaksi (1), berlubang sepatu (1), bersaksi gereja (1), bersaksi agar jemaat bertumbuh (2), Bersaksi dalam gereja (1), BERSAKSI MENURUT ALKITAB (1), bersaksi sebagai insan gereja (1), biasanya sidi memakai baju (1), blog alexius letlora (2), blog pdt alexius letlora (3), blogspot alexletlora (1), bunda genggam tangan mu nak (1), cara keluarga mewartakan kerajaan allah (2), Catatan khotbah untuk persekutuan pelayan (1), Ciri gereja melayani allah yg bersifat (1), ciri khas pelayanan gereja (1), ciri" koinonia (4), ciri-ciri bersaksi yang baik (1), ciri-ciri pelayanan Gereja (1), ciri-ciri pengajaran warga jemaat bersifat partisipatif (1), citra allah dan lgbt (1), contoh doa pengutusan misi (1), contoh gambar pasangan kristen (1), contoh gereja yang bersaksi (1), contoh khotbah ibadah syukur sidi baru (1), Contoh narasi paduan suara (1), contoh peristiwa menjengkelkan dirumah (1), contoh peristiwa yang menjengkelkan (1), Contoh renungan peneguhan sidi baru. (1), Contoh renungan syukuran peneguhan sidih (1), daftar lagu koor untuk tugas minggu pertama (1), dalam persekutuanmu dengan Tuhan jerih lelahmu tidak sia-sia maknaya (1), dasar kepemimpinan kristen oleh Pdt. Eka Darmatera (1), di panggil untuk bersaksi renungan (2), diakonia gereja yang melayani (1), dianggap tidak waras (1), doa paskah oleh pdt alex letlora (5), Doa peneguhan sidi (2), Doa peneguhan sidi baru (1), Doa Pengutusan (1), doa pengutusan gereja (1), doa renungan sidi baru (1), doa selesai peneguhan sidi (1), doa ucapan syukur peneguhan sidi (1), etika kepemimpinan kristen (1), figur bapak dalam hidup sebagai keluarga Allah (1), foto genggaman tangan bayi dengan ibunya (1), foto nikah kristen (1), foto pernikahan kristen (1), foto sepatu sidi (1), fungsi dan peran nyanyian dalam ibadah (1), fungsi pdt fungsi penatua dan fungsi diaken (1), gamabar poto tangan bayi sedang di genggam (1), Gambar baju untuk peneguhan sidi (1), gambar gengaman tangan ibu dan tangan anak laki laki (2), gambar genggaman tuhan (1), gambar kata suami istri kristen (1), gambar pernikahan kristen (1), gambar seorang genggaman tangan (1), gambar tangan anak menggenggam tangan mama (1), gambar tangan bunda dan anak nya (1), gambar+yesus+tangan+genggam+ (1), genggam tangan bunda nak (1), genggaman seorang ayah (1), genggaman tagan pada bAYG (1), genggaman tangan (1), genggaman tangan anak (1), genggaman tangan ibu (1), genggaman tangan malam (1), gereja bersaksi (5), Gereja bersaksi melalui? (1), gereja dalam konteks rasul paulus (1), gereja di tempatkan allah untuk (1), gereja dipanggil dari kepada teang yang ajaib dan diutus untuk apa (1), gereja dipanggil untuk bersaksi (1), gereja dipanggil untuk bersaksi tujuannya adalah (1), gereja hadir sebagai tanda kerajaan allah (1), gereja harus berorientasi (2), gereja harus bersaksi (3), Gereja harus bersaksi(marturia)ialah (1), gereja melayani (7), gereja menyatakan tanda tanda kerajaan Allah (1), gereja menyatakan tanda-tanda kerajaan allah (1), gereja sebagai fungsional (1), gereja sebagai keluarga mini (1), gereja tanpa marturia pada dasarnya mati (1), gereja yan melayani m karatem (1), gereja yang bersaksi (32), gereja yang bersaksi (martyria) (2), gereja yang bersaksi dan di melayani dunia (1), Gereja yang bersentuhan dengan dunia ini (1), gereja yang bertumbuh, melayani dan bersaksi (1), gereja yang fungsional (1), gereja yang melayani (27), gereja yang melayani adalah (1), gereja yang melayani adalah gereja yang (1), gereja yang melayani dan bersaksi (3), gereja yang memberi (4), gereja yang persekutuan dan melayani (1), gereja yangbersaksiialah (1), gereja yg bersaksi (3), Gereja yg bersaksi adalah (1), gereja yg bersaksi disebut (1), gereja yg melayani (5), gereja yg melayani-ciri' pelayanan dalam gereja (2), gmbr ank sedang menggemgam tgan ibunya (1), gmbr hati dlm genggaman (1), greja harus bersakasi tugas ini sering disebut (1), Greja yang melayani (1), greja yg bersaksi dan melayani (1), hakekat etika kepemimpinan kristen (1), hakekat kepemimpinan kristen (1), hakikat etika kepemimpinan kristen (2), hakikat kepemimpinan kristen (2), hal kecil yg sangat menjengkelkan (1), hambatan bersaksi di jemaat (1), happy anniversary 10th buat suami dalam kristen (1), Homoseks adalah anugerah Allah. Ini merupakan salah satu argumen yang diberikan oleh Troy Perry, se (1), hotba peneguhan sidi (1), HOTBA PENEGUHAN SIDI (1), hotbah peneguhan sidi (1), HOTBAH SIDI (1), hotbah sukuran sidi (1), hotbah untuk sidi baru (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=117 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=53 (4), http://alexletlora.com/index.php?ipage=84 (5), http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.alexletlora.com/index.php?ipage%3D322 (1), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=270 (1), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=53 (7), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=84 (4), hubungan antara jemaat dan gereja (1), hubungan komunikasi pembangunan dalam pelayanan gereja (1), hubungan paduan suara dengan alkitab (1), hukum perkawinan kristen (1), hut 33 pelkat pt (1), ibadah minggu bukan konser (1), ibadah minggu bukan lah konser (1), ibadah paduan suara yang unik (1), index artikel menjengkelkan (1), inspirasi jalan salib (1), inspirasi kristen tangan yg berlubang (1), janji Allah kepada Gereja para rasul (1), jawaban arti kristus menghadirkan gereja di dunia (1), jelas iman adalah jawaban atas pangilan allah (1), jelaskan apa artinya gereja yang melayani (1), jelaskan apa yang dimaksud gereja yang melayani (1), jelaskan mengapa gereja tanpa marturia atau kesaksian pada dasarnya telah mati (2), jelaskan pengertian tugas gereja persekutuan, pelayanan, kesaksian, (1), jemaat bersaksi di gereja (2), jemaat yang bersaksi (5), jemaat yang bersaksi bagi Tuhan (1), jemaat yang melayani (5), Jemaat yg melayani (1), jerih lelahmu didalam tuhan tidak sia2 (1), jerih lelahmu tidak sia-sia (3), jerih lelahmu untuk Tuhan tidak ada yang sia-sia (1), judul setiap jalan salib yesus (1), karya Allah dalam gpib (1), kata-kata pengutusan tentang doa untuk dunia (1), katekisan adalah (1), keadilan yang tidak memandang muka (1), kecil dan menjengkelkan (1), kehadiran gereja untuk bersaksi adalah (1), kejadian 3:9 merencanakan kehadiran gereja (1), keluarga sebagai gereja mini (1), kemerdekaan keluarga kristen (1), kenangan bersama katekisan (1), kendala kehadiran kebaktian di sektor gereja (1), Kepemimpinan Kristen (1), Kepemimpinankristen (1), kesaksian jemaat tentang kebaikan Tuhan dalam jemaat (1), kesaksian pelayanan diakonia (1), Kesaksian,pesekutuan,melayani (1), ketegangan dalam gereja katolik tentang misi (1), khitbah peneguhan sidi baru (1), khotba peneguhanbsidi (1), khotba syukur pemuda kristen atas selesax peneguhan sidi (1), Khotbah tentang peneguhan sidi baru kristen (1), Khotbah anggota sidi baru (1), khotbah angkat sidi (1), Khotbah badai hidup (1), khotbah bagi sidi baru (1), khotbah bersaksi (1), Khotbah bersaksi tanpa bersuara (1), khotbah bersama dalam melayani (2), khotbah ciri-ciri gereja yang bersaksi (1), khotbah dipanggil untuk bersaksi (1), khotbah dukungan pasangan hidup dalam pelayanan (1), khotbah geraja menjadi berkat (1), khotbah gereja yang bersaksi (6), khotbah gereja yang melayani (1), khotbah gereja yg melayani (1), Khotbah GKJ: Awan menjadi tudung, api menerangi malam (2), khotbah hut bapak (4), khotbah hut pelayanan kategorial perempuan ke 65 (1), khotbah hut pkb (4), khotbah HUT Seorang Bapak (2), khotbah ibadah peneguhan sidi (1), Khotbah ibadah syukur sidi baru (1), khotbah jemaat yang bersaksi (1), khotbah katekisan (3), khotbah kej 1-27-28 (1), khotbah kristen gkjw peneguhan sidi baru (1), khotbah kristen kaum bapak (1), khotbah kristen memberdayakan umat untuk melayani (1), khotbah kristen tema bersaksi (1), khotbah kristen tentang peneguhan sidi (1), khotbah kristen ttg ibadah syukur (1), khotbah kristen ttg peneguhan sidi (1), khotbah kristen ttg sidi baru (1), khotbah kristen untuk peneguhan sidi (1), Khotbah Kristen untuk peneguhan sidi baru (1), khotbah lukas 8:21 (1), Khotbah Mazmur 150; 1- 6 (1), khotbah mengenai bersaksi dan melayani (1), khotbah mengenai menjadi jemaat yang melayani (1), Khotbah minggu tentang kelurga dan peneguhan sidi (1), khotbah orang sidi (1), khotbah pelayan yang bersaksi dalam gereja (1), khotbah peneguhan keluarga (1), khotbah peneguhan sidi (74), khotbah peneguhan sidi baru (12), khotbah peneguhan sidi jemaat (6), khotbah peneguhan.sidi (3), khotbah peneguhan.sidi naru (3), khotbah pengutusan ysng di berkati (1), khotbah pentakosta tentang gereja diutus menjadi saksi kristus (1), khotbah penutupan pelayanan (1), khotbah peran seorang aysh ditengah keluarga (1), khotbah pkb (1), khotbah prngutusan pendeta (1), khotbah selesai peneguhan sidi (1), khotbah sidi (9), Khotbah Sidi Baru (3), khotbah sidi jemaat (1), khotbah singkat untuk katekisan (1), khotbah syukur peneguhan sidi (8), khotbah syukur sidi (1), khotbah syukur sidi jemaat baru (4), khotbah syukuran sidi jemaat (1), khotbah tentang bersaksi (1), Khotbah tentang doa syukur sidi (1), khotbah tentang jemaat yang bersaksi (1), khotbah tentang orang muda yang sidi (1), khotbah tentang paduan suara (4), khotbah tentang paduan suara atau memuji Tuhan (1), khotbah tentang peneguhan sidi (9), khotbah tentang penutupan pelayanan (1), khotbah tentang tri tugas gereja (1), khotbah tri panggilan gereja (1), khotbah ttg peneguhan sidi (1), khotbah ulang tahun bapak (3), khotbah ultha pkb (1), khotbah untuk anak yang angkat sidi (1), khotbah untuk ibadah syukur sidi baru (1), khotbah untuk pelayanan paduan suara (1), khotbah untuk peneguhan sidi (1), khotbah untuk peneguhan sidi baru (12), khotbah untuk persekutuan bapak kristen (1), khotbah untuk persekutuan paduan suara (1), khotbah untuk sidi (6), Khotbah untuk sidi baru (1), Khotbah untuk yang sidi (1), khotbah*peneguhan sidi (1), Khotbah, I Petrus 2 : 1 - 10 Memberdayakan umat untuk melayani (1), Khotbah, I Petrus 2 : 5, Memberdayakan umat untuk melayani (1), khotbah: ciri-ciri wanita yang bersaksi bagi tuhan (1), khotbahtentangsepatu (1), kisah ayah mengantar anaknya sekolah (1), kliping tentang kesaksian gereja (1), koinonia dalam perspektif keluarga (1), koinonia sebagai ciri khas pelayanan gereja (1), Kotba ibadah bapa dan pemuda (1), kotbah jemaat bersaksi (1), kotbah jemaat yang melayani (1), kotbah kebaktian syukur sidibaru (1), kotbah kristen : memberdayakan umat untuk melayani (1), kotbah mengenai peneguhan (1), kotbah peneguhan (1), kotbah Peneguhan SIDI (2), kotbah sidi (1), kotbah sngkat sidi (1), kotbah ttg pengutusan (1), kotbah tugas pelayanan di greja (1), kotbahsyukurpeneguhansidi (1), Kristus di tengah badai di danau Galilea karya rembrandt van rijn (1), kualitas kesaksian dalam persekutuan (2), KUALITAS SEORANG PEMIMPIN MUDA DALAM ALKITAB (1), kuasa pentakosta (1), kudusnya hidup (1), lagu sidi pemuda (1), lagu pengutusan umat ketebusan (1), lagu tentang gereja yang bersaksi dan melayani di dunia (1), LGBT dalam prospektif iman kristen (1), lukas dan KPR merupakan kesatuan (2), maha kuasa Allah (1), makalah dari kosuke koyama (1), makalah gereja yang bersaksi (2), makalah perintah adil dan bertanggung jawab (1), makna berdaksi dan meyakini (1), Makna bersaksi dimiliki gereja (1), makna etika kepemimpinan kristen (1), makna gereja yang bersaksi (1), makna greja yang bersaksi (1), makna kenyamanan dalam menggenggam tangan (1), makna panggilan dan pengutusan gereja (1), makna pelayanan dan kesaksian oleh gereja GPIB (1), makna pengutusan gereja (1), makna pengutusan tuhan (1), maksud dan tujuan panggilan dan pengutusan gereja (1), Maksud dari bersifat partisipatif warga jemaat (1), maksud dari gereja yang bersaksi (1), maksud dari gereja yang melayani.? (2), maksud gereja dipanggil untuk bersaksi adalah (1), maksud gereja yang melayani (2), maksud gerja yang bersaksi (1), maksud pelayanan gereja tidak bersifat individual tetapi kolektif (1), malam refleksi peneguhan sidi (1), marturia berperan untuk (1), marturia,koinonia,diakonia gpib (2), masalah saat pemilihan pelayanan gereja (1), melayani adalah keharusan Yesus (1), melayani dalam jemaat (1), melayani dan bersaksi dalam kasih (1), melayani di dlam jemaat (1), memayu hayuning bawono (3), membangun gereja yang melayani (1), membangun paduan suara (1), membangun pelayanan bersama pasangan hiduo (1), memberdayakan umat untuk melayani jemaat dalam gereja (1), membina paduan suara gereja (1), mengapa gereja bersaksi (2), Mengapa gereja di sebut sebagai bersaksi (1), Mengapa gereja disebut bersaksi (1), mengapa gereja disebut sebagai bersaksi (1), mengapa gereja harus melayani dunia (1), Mengapa gereja harus melayani? (1), mengapa gereja itu harus melayani (1), mengapa keluarga disebut gereja mini (1), mengisi kemerdekaan dalam kristus (1), menguatkan genggaman tangan (1), meningkatkan kehadiran kaum bapak (1), Menjadi gereja yang melayani (1), menjadi jemaat yg bersaksi (2), menjafi seorang pelayan warga (1), menjelaskan hakikat kepemimpinan kristen (2), merdeka adalah (1), merdeka dalam Tuhan yesus (1), mewujudkan kesatuan keluarga dalam ikatan kasih (1), misi Gereja dalam KPR (1), misi seorang bapak yang baik (2), model baju peneguhan sidi (2), model baju putih untuk acara sidi (1), model baju untuk peneguhan sidi (4), motivasi pemimpin kristen adalah kasih (1), nehemia 9:21 (1), nengapa gereja harua melayani ? (1), nikah kristen (1), nyanyia mazmur (1), orang bertumbuh melalui bersaksi (1), paduan suara agape gpib immanuel bekasi (1), paduan suara kebenaran (1), pandangan paulus mengenai gereja adalah umat Allah (1), panggilan dan pengutusan gereja (5), panggilan dan pengutusan gereja yang ideal (1), Panggilan gereja untuk mau dan terus memberitakan perbuatan perbuatan allah yang besar, nampak dalam (1), panggilan greja bersaksi dan melayani (1), panggilan untuk paduan suara gereja (1), pangilan sebagai orang kristen (1), para diaken dan penatua harus pasangan suami istri (1), pdt alexius letlora (2), pdt. alex letlora (1), pelaksanaan di dalam keluarga sebagai gereja mini (1), pelayan yang memberdayakan, kristen (1), pelayanan dan kesaksian dalam perspektif (1), pemahaman para teolog mengenai puji-pujian sebagai anugerah (2), pembangunan jemaat (4), Pembinaan bagi Pelayan Tuhan (1), pembinaan istri pendeta (1), pembinaan penatua dan diaken (1), pemimpin yang baik menurut kristen (1), pemimpin yang bisa diandalkan oleh Tuhan (1), Pemuda nekat, idealis (1), penatua dan pasangannya (1), pendeta alex letlora (1), peneguhan sidi dengan pakaian berwarna putih (2), peneguhan sidi gpib (1), peneguhan sidi terjadi (1), Penerapan kepemimpinan kristen dalam Amsal 17:7-10 (1), pengalaman tentang keterlibatan umat di dalam gereja seperti koor (1), Pengertian dari gereja yang melayani (1), pengertian dari manusia bersaksi dan melayani dalam kristen (1), pengertian gereja dan pengutusan gereja (1), pengertian gereja harus bersaksi,gereja harus melayani (1), pengertian gereja melayani (1), Pengertian gereja secara fungsional (1), Pengertian gereja yang bersaksi dan melayani di dunia (1), pengertian gereja yang melayani (4), pengertian gereja yg melayani (2)

    Kategori Utama: Artikel (43), Catatan Refleksi (75), Download Materi (2), Khotbah (168), Photo Keluarga (34)