aletlora.com
Doa adalah percakapan dengan Tuhan dan kesediaan untuk meng'amini' kehendak-Nya. Tetaplah 'bicara' dan setialah 'mendengar'. Itulah DOA.

View : 15169 kali

Khotbah
Minggu, 25 September 2016
Kisah Para Rasul 18: 1-17
SEMAKIN DIHAMBAT SEMAKIN MERAMBAT
Pdt. Alex Letlora

SEMAKIN DIHAMBAT SEMAKIN MERAMBAT

'....Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! (ayat 9)

PENGANTAR

Pasca peristiwa Pentakosta terjadilah perubahan mendasar di lingkungan para murid. Mereka yang sebelumnya dikuasai ketakutan kini dengan berani menyampaikan firman Tuhan di depan umum. Banyak orang terpana oleh pemberitaan para murid namun yang tidak kalah penting ialah cara hidup mereka sehari-hari. Mereka yang berjumlah seratus dua puluh orang seperti dinyatakan dalam KPR 1: 15, melonjak jumlahnya dengan bertambah 3000 orang (KPR 2:42). Lonjakan pertumbuhan secara kuantitas mengindikasikan bahwa antara pemberitaan Injil dan cara hidup para murid saat itu berkaitan erat (KPR 2: 47). Di sisi lain perlu dikemukakan bahwa inilah karya Roh Kudus yang membawa dampak bagi para murid. Mereka dengan berani memberitakan firman Allah (4:31) sehingga firman Tuhan semakin tersebar dan banyak orang memberi diri di baptis dalam nama Yesus (2: 38)

Maka para murid menunjukkan bahwa pertumbuhan baik secara kuantitas maupun kualitas semata-mata oleh kuasa Roh Kudus. Kitab Kisah Para Rasul menyatakan dengan tegas bahwa tiap-tiap hari "Tuhan" menambah jumlah mereka dengan orang-orang yang diselamatkan (Kisah Para Rasul 2:47). Demikian juga Rasul Paulus menyatakan bahwa "pemberi pertumbuhan" bukan Apollos, bukan juga Paulus tetapi Allah (I Korintus 3:6-7). Maka jelas bahwa kehendak Allah merupakan prinsip mutlak dari pertumbuhan murid dalam kitab Kisah Para Rasul.

Penolakan bahkan pertentangan dengan orang Yahudi menjadi peristiwa yang tidak terhindarkan. Para murid telah menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias sebagaimana yang dinantikan oleh bangsa Yahudi seperti di KPR 5:42
Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.
Melalui pernyataan ini maka terjadilah batas yang tegas antara para murid dan orang Yahudi. Para murid meyakini bahwa Yesus sebagai Mesias telah menunjukkan jalan kebenaran, sementara bagi orang Yahudi, Mesias masih mereka nantikan. Penolakan terhadap para murid demikian kuat sehingga memunculkan arus kekerasan yang luas. Stefanus adalah martir pertama yang dirajam dengan batu dan mengakibatkan tersebarnya pemberitaan Injil ke tempat lain (KPR 11:19). Karena pekerjaan Roh Kudus mereka berkata dan bertindak, dalam arti memberitakan, mengajarkan Firman Tuhan, menyatakan kebangkitan kristus dalam kuasa, tanda-tanda dan keajaiban didalam pekerjaan Roh Kudus. Ini merupakan kunci dari Kitab Kisah Para Rasul.

Gereja mula-mula mengakui bahwa mereka tidak berdaya, tidak mampu, lemah rohani, kekurangan, miskin tanpa Roh Kudus. Orang-orang percaya mengakui, bahwa setiap hari mereka memerlukan Roh Kudus untuk bekerja dan bersaksi. Mereka sadar, mereka tidak memiliki kuasa didalam diri mereka sendiri untuk tugas yang besar dan maksud kristus yang telah memanggil mereka. Mereka sama-sama menyadari akan kenyataan, bahwa segala keperluan mereka baik anugerah, pemberian dan kuasa ada di dalam Roh Kudus penolong itu.
Inilah kenyataan yang harus dialami oleh para murid yakni kebencian yang diwujudkan dengan tindakan kekerasan. Ancaman dan kekerasan terhadap para murid justru semakin membuat para murid semakin kuat ikatan persaudaraannya. Kehadiran Saulus semakin mempertajam permusuhan sebab Saulus mendapat mandate dari Imam Besar untuk menangkap setiap murid baik lalki-laki maupun perempuan atas nama Jalan Allah. Paulus tidak hanya setia terhadap warisan leluhurnya, melainkan juga menjadi seorang Farisi yang keras. Kedudukan ini dipertahankan hingga masa setelah kematian Yesus dan munculnya jemaat perdana, baik di Yerusalem, maupun di lingkungan Hellenis (Flp. 3:5 dbr., Gal. 1:13 dbr.). Dengan pemikiran dan konklusi Farisinya, ia menganiaya para pengikut Yesus. Hal ini dikatakannya berulang-ulang (Gal. 1:23; Flp. 3:6; 1 Kor. 15:9; bdk. Kis. 9:1-3; 22:4-5; 26:9-31). Alasan untuk menganiaya orang-orang Kristen dijelaskan dalam Galatia 1:13-15 dan Filipi 3:5-6, yaitu demi kesetiaannya kepada Taurat

TELAAH TEKS

1. Ayat 1-4. Paulus berada di Korintus dan berjumpa dengan pasangan Akwila dan Priskila. Perjumpaan dengan pasangan yang menyingkir dari Roma karena adanya penyiksaan pada jaman pemerintahan Kaisar Klaudius (41-54 M). Pertemuan yang memunculkan relasi hangat mengingat latar belakang dan profesi mereka sama yakni pembuat tenda.
Setelh bekerja, Paulus ke rumah ibadah Yahudi untuk mulai memberitakan bahwa Yesus adalah Mesias dengan mengetengahkan pengetahuan yang dimilikinya serta pengalaman iman dijumpai oleh Yesus. Di Korintus, kota pelabuhan terkenal sebuah pelabuhan perdagangan yang berkembang pesat dan dikenal selain karena menjadi kota yang kaya, juga karena kebobrokan moralnya. Penduduk kota itu berasal dari seluruh penjuru dunia. Akwila adalah nama dari Roma yang diberikan kepadanya atau nama Roma yang ia pilih sendiri. Bahasa Latinnya "Aquila" yang artinya elang/rajawali. Nama ini dalam bahasa Ibrani, Nesher.

Ia adalah seorang Yahudi yang lahir di Pontus.

Kis 18:2 - Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. ..."

KJV - And found a certain Jew named Aquila, born in Pontus, ...."

Kis 18:2 - ".... Akwila, yang berasal dari Pontus.... dengan Priskila, isterinya, ...."
Nama panggilannya adalah "Priska" yang berarti "kuno".

Paulus kemudia singgah dan menetap di rumah pasangan ini. Akwila dan Priska adalah pasangan yang sangat menopang Paulus. Paulus kemudian berbicara untuk meyakinkan orang Yahudi maupun Yunani bahwa Yesus adalah Mesias. Paulus memilii hubungan dekat dengan pasangan ini seperti dikemukakan di surat Roma 16:3 - Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus.

Jadi jelas secara eksplisit bahwa mereka adalah "teman-teman sekerja" Paulus dan itu berarti bahwa mereka juga turut aktif dalam pemberitaan Injil yang dilakukan oleh Paulus.

Selanjutnya Paulus berkata :

Rom 16:4 - Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.

Pada bagian ini dapat dikemukakan bahwa keberadaan gereja berjumpa dengan kenyataan di dunia. Perjumpaan ini sekaligus menunjukkan bahwa gereja ada dalam dunia tetapi tidak dari dunia (band. Yoh. 15:19). Gereja berjumpa dengan masalah rendahnya moralitas sebagaimana terjadi di Korintus, namun gereja tidak menjadi sama dengan dunia. Perbedaan ini sangat prinsipil. Hal itu menunjukkan bahwa gereja dalam melaksanakan tugasnya memberitakan Injil perlu ada dalam persekutuan yang erat. Pentingnya persekutuan yang erat nampak dari penjelasan berikut.

2. Ayat 5-8. Pada bagian dikemukakan bahwa kebencian dari kalangan Yahudi mulai berbentuk kekerasan. Penolakan terhadap pemberitaan Paulus mulai muncul sebagai reaksi atas pemberitaan tentang Yesus adalah Mesias. Persekutuan yang erat menjadi sangat penting karena di lingkungan murid Tuhan, persekutuan erat memberi semangat untuk meyakini bahwa mereka adalah satu. Sikap Paulus di ayat 6, menunjukkan bahwa penolakan terhadap Paulus semakin kuat. Namun sekaligus Krispus dan seisi rumahnya menjadi percaya dan dibaptis. Ini menunjukkan bahwa penolakan selalu ada namun karya Roh Kudus tidak pernah bisa ditiadakan.

Apa yang dialami oleh Paulus bisa saja terjadi kepada setiap warga gereja sekarang. Penolakan dan sikap kebencian dengan kekerasan seoalh menjadi sah untuk menentang kehadiran gereja. Penolakan dengan tindakan kekerasan merupakan pola yang sangat sistematis untuk memutuskan rantai pemberitaan firman Tuhan. Namun bukan saja penolakan tetapi sukacita yang dialami ketika menerima Kristus. Keluarga yang bersyukur karena menerima Kristus adalah umat secara utuh yang bersyukur. Hal ini menjadi mungkin hanya oleh eratnya relasi di lingkungan umat Tuhan.

3. Ayat 9-17. Selama 1 tahun 6 bulan Paulus berada di Korintus serta terus mengajar Firman Allah kepada mereka. Keadaan ini semakin menyulitkan karena keberadaan Paulus dengan misinya. Namun apa yang dikemukakan dalam ayat 9 menjadi kekuatan tersendiri bagi Paulus. Paulus tahu bahwa orang-orang Yahudi akan menjadi sangat marah karena pertobatan kepala rumah ibadah itu. Pertanyaan yang muncul, apakah ia akan tetap berada di Korintus, atau lebih baik menyingkir? Apa yang terbaik bagi gereja yang masih baru itu? Ia bertanya kepada Tuhan, di dalam doa, dan Tuhan menjawabnya. Tuhan membaharui penugasan-Nya kepada Paulus dan perintah-Nya untuk memberitakan Injil dengan jelas, menyampaikan seluruhnya, dan dengan keberanian. Allah mengetahui keadaan jiwa Paulus yang diliputi dengan ketakutan oleh karena situasi dan keadaan orang-orang Korintus sebagai sasaran pemberitaan Injil, dengan berbagai alasan-alasan yang diciptakan dalam alam pikirannya sehingga takut untuk menyebarkan Kasih Kristus melalui kematian-Nya di atas kayu salib yang menyelamatkan manusia dari hukuman maut. Ketakutan ini juga yang sering melanda para anak Tuhan di tengah-tengah dunia untuk menyebarkan berita Injil yang menjadi kekuatan Allah untuk menyelamatkan manusia. II Timotius 1:7-8 "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita ...".

Di ayat 9 dikemukakan dengan jelas bahwa 'jangan takut` dihubungkan dengan penyertaan Allah. Penyertaan-Nya memberi kesadaran bagi Paulus bahwa pemberitaan Injil harus terus dilakukan. Persekutuan dengan Yesus dan relasinya dengan sahabat-sahabat sepelayanan merupakan pernyataan bahwa Paulus tidak boleh takut.


RELEVANSI
Pemberitaan kabar sukacita atau Injil memang merupakan kebahagiaan bagi setiap murid. Kebahagiaan sebab pemberitaan Injil merupakan jawaban atas karya Tuhan di dalam Yesus Kristus. Di sisi lain pemberitaan Injil juga diperhadapan dengan penolakan. Injil dianggap mengganggu kelompok tertentu yang akan tergerus oleh kehadiran warga gereja. Pemberitaan Injil juga dapat bertemu dengan berbagai rencana jahat yang merupakan akumulasi dari kebencian.

Firman Tuhan hari ini memperlihatkan bahwa pemberitaan Injil harus terus dilakukan dengan berani. Pemberitaan ini tidak bisa dihentikan hanya karena ancaman dari pihak lain. Maka pemberitaan Injil tetap diwujudkan melalui perilaku setiap hari.







KERANGKA KHOTBAH

1. Persekutuan. Umat Tuhan dengan latar belakang yang berbeda diberbagai hal bukan penghalang untuk bersekutu. Persekutuan menjadi mahal saat ini di tengah individualism yang kuat. Persekutuan yang hanya sekedar memperlihatkan relasi normative menjadi persekutuan yang semu. Paulus yang berjumpa dengan Priskila dan Akwila di Korintus menjadi sebuah persekutuan yang kemudia sangat mendorong pelayanan Paulus.
2. Kebencian dan Kekerasan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebencian terhadap murid Yesus bisa dialami. Kebencian dan kekerasan merupakan pasangan yang kompak untuk meruntuhkan sendi-sendi pemberitaan Injil. Kebencian dan kekerasan sering dibangun dengan tujuan untuk mendesak warga gereja menghentikan pemberitaan kabar sukacita.
3. Penyertaan Tuhan. Umat perlu menghayati bahwa persekutuan umat Allah tidak didirikan oleh siapapun selain Yesus. Tidak pantas jika selaku umat Tuhan ada perasaan berjasa karena berkontribusi besar dalam materi. Akwila dan Priskila adalah contoh yang indah tentang bagaimana dorongan mereka bagi Paulus menjadi kekuatan dalam memberitakan Injil. Dorongan janji Tuhan dalam ayat 9, membuka mata Paulus untuk melihat bahwa Paulus tidak sendiri. Seluruh keyakinan ini bermuara pada pernyataan yang pernah di kemukakan T.B Simatupang (alm) Semakin dibabat semakin merambat.

KHOTBAH

Sahabat-sahabat yang Tuhan Yesus kasihi, dewasa ini kita hidup di tengah arus deras kebencian dan kekerasan. Kebencian dan kekerasan nampak mudah sebagai pilihan karena dapat memuaskan hasrat balas dendam dan merusak. Kehadiran umat Tuhan yang dibenci dan mengalami kekerasan seolah mendapat peluang untuk dibalas karena bukankah kita memang hidup di arus demikian?

Firman Tuhan hari ini memperlihatkan bahwa kebencian dan kekerasan terhadap umat Tuhan bukanlah hal baru. Pertemuan Paulus dan Akwila di Korintus menunjukkan adanya kebancian dan kekebrasan yang terjadi di Roma. Di korintuspun Paulus menghadapi kenyataan yang sama bahwa kebencian dan kekerasan dipraktekan dengan hati panas. Seluruh energy diberikan untuk menghambat pemberitaan kabar sukacita. Kapasitas sebagai penentang Injil melekat dengan kuat dan memperlihatkan kuasanya.

Sahabat-sahabat yang terkasih, namun pemberitaan kabar sukacita yang dipercayakan Tuhan sekaligus dilandasi jaminan penyertaan. Tuhan menyertai dengan memberi pernyataan 'jangan takut....jangan diam`. Pernyataan ini memberi daya dorong yang kuat bagi umat Tuhan untuk terus memberi kesaksian secara holistic. Kesaksian yang diwujudkan dalam aktifitas yang beribadah (band. Rom. 12:1).

Maka setiap kesaksian merupakan bentuk tanggapan atas kasih Allah yang besar. Ketika kita mengandalkan Tuhan, Ia menghadirkan orang yang tepat bagi kita. Pemberitaan Injil memang bukan hal mudah sebab kadangkala diperhadapkan juga dengan aroma kebencian dan kekerasan.

Kita tidak mampu melakukan pemberitaan Injil dengan kekuatan kita sendiri. hanya dengan kekuatan dan penyertaan-Nya. Kebencian bukan barang baru, kekerasan buka juga hal baru, tetapi yang terbaik ialah ketika kita tetap mengasihi mereka yang membenci. Amin


Pdt. Alexius Letlora D.Th
Pendeta di GPIB Jemaat “Maranatha” Surabaya




Arsip Khotbah:

Minggu, 14 April 2024
BERHARGA DI MATA TUHAN

Minggu, 07 April 2024
PEMULIHAN ALLAH DAN RENCANA-NYA

Jumat 29 Maret 2024
YESUS YANG TERALIB DAN RELASI YANG BARU

Minggu, 03 Maret 2024
MANUSIA YANG MANUSIAWI

Minggu 25 Februari 2024
HIDUP BERSAMA DENGAN RUKUN

Minggu, 11 Februari 2024
BAHAGIA VIA TRANSFIGURASI YESUS

Minggu, 21 Januari 2024
MISSION IMPOSSIBLE

Minggu, 14 Januari 2024
VIDI AQUAM

Minggu, 07 Januari 2024
LAUS DEO

Minggu, 31 Desember 2023
RENCANA ALLAH DAN KETERLIBATAN MANUSIA

Arsip Khotbah..

Mengenai Saya:

Pdt. Alexius Letlora D.Th

Saya adalah Pendeta di GPIB Jemaat “Maranatha” Surabaya.

Telah Melayani selama 33 tahun sejak desa Baras (Sulawesi Barat). Istri Conny Alma Letlora - Sumual, menjadi pendamping yang turut terlibat mendorong saya untuk semakin bertumbuh dalam pelayanan.
Kami diberkati 32 tahun yang lalu dan dikaruniakan anak-anak,  Linkan, Kezia dan Andrew sebagai anugerah Tuhan kepada kami. Kami sekeluarga bersyukur untuk semua kebaikan Tuhan dalam hidup kami.

MAJU TERUS BERSAMA YESUS SEBAB DALAM PERSEKUTUAN DENGAN-NYA JERI LELAH KITA TIDAK PERNAH SIA-SIA.
Popular:


GEREJA YANG MELAYANI DAN BERSAKSI - DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN JEMAAT
KEKUATAN KELUARGA YANG BERSYUKUR
HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
SEPATU YANG BERLUBANG
MAKNA KEMATIAN YESUS (Jumat Agung)
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
TUJUAN KETERPILIHAN MANUSIA


Sub Kategori Khotbah:

    Last Searches:
    1 petrus 1 : 3- 12 (1), ªƿª yang kita pahami dalam perikop 1 petrus 1:3-12 (1), berkat allah bagi keluarga (1), berpidato untuk kebaikan diri sendiri untuk tuhan. (2), cara mengatasikonflik dlm keluargakristen (2), ciri hidup berpengharapan dalam mazmur 21-30 (1), dampak hidup berpengharapan dan beriman!/ (1), khotbah efesus 1 3-14 (1), khotbah epesus 1:3-14 (1), Khotbah Pengkhotbah 3:16-22 (1), Kotbah 1Petrus 1:1-12 (1), penolakan kebenaran yesus (1), perbedaan dan kesatuan dalam keluarga (1), perikop tentang bertahan dalam pengajaran (1), renungan 1 Petrus 1:3-12 (1), renungan galatia 3:23-29 (1), "jangan lelah bekerja diladang Tuhan" ayat alkitab (1), "kasih yang menghidupkan" by Pdt.Petrus Agung (1), "orang besar""hati besar" (1), "penantian" kotbah (1), "sumber-sumber konflik pernikahan kristen" (2), 1 korintus 7:2-5 (1), 1 pertrus 1:3-12 (1), 1 petrus 1 3 - 12 (4), 1 petrus 1 3 12 (1), 1 petrus 1 3-12 (7), 1 petrus 1 : 3 - 12 (2), 1 petrus 1 : 3-12 (3), 1 petrus 1 :3-12 (1), 1 petrus 1: 3-12 (1), 1 petrus 1:14-16khotbah (1), 1 petrus 1:3 (1), 1 petrus 1:3-12 (41), 1 petrus 1:3-12 khotbah (1), 1 petrus 1:3-12 pengharapan, iman dan kasih (1), 1 petrus 1:3-12 renungan (1), 1 petrus 1:3-12. (1), 1 Petrus 1:3-12. tema: Kristus yang bangkit adalah pengharapan kita (3), 1 petrus 1;3-12 renungan (1), 1 petrus 2 : 4-10 peranan dan identitas baru (1), 1 petrus 2:1-10 khotbah kristen pantekosta (1), 1 petrus 2:11-17 makna refleksi (2), 1 petrus 3 1-7 (2), 1 petrus 3 ayat 7 (5), 1 petrus 3:1-7 (2), 1 petrus1:3-12 (1), 1 peyrus 1:3-12 (1), 1 tesalonika 5 6-11 (1), 1 tesalonika 5:1-11 (1), 1 yohanes 5:1-5 (6), 1 Yohanes 5:13-21 (1), 1cara untuk bertobat (2), 1kata bermakna maju (1), 1korintus 3::1-7 (1), 1petrus 1:3-12 (3), 1petrus 3:1-7 (1), 1petrus1 1-12 (1), 1tesalonika5:23 (1), 1Tesalonika5:6-11 (1), 2 contoh kesaksian berpengharapan kepada kristus (1), 2 korintus 1:3-12 (1), 2 samuel 12 ayat 13 (1), 2 samuel 12:20 khotbah (1), 2 SAMUEL 23:5 KELUARGA DALAM SUASANA SURGA (1), 2 Samuel 3 : 6-16 (1), 25 sikap hidup orang berpengharapan (1), 2samuel7:2-13 renungan (1), 3 artikel orang yang berpengharapan (1), 3 aspek dalam pemeliharaan allah agama kristen (1), 3 contoh orang di dalam alkitab yang hidup berpengharapan dalam tuhan (1), 3 hal bertumbuh sebagai keluarga allah (1), 3 hal yang mengikuti anak manusia (1), 3 janji allah kepada orang yang beriman dan berpengharapan kepada nya (1), 3 konsekuensi kita sebagai murid kristus (2), 3 konsekuensi mengikut yesus (3), 3 konsekuensi mengikuti yesus (2), 3 konsekuensi sbg murid yesus (1), 3 konsenkuensi mengikut yesus (1), 3 perseteruan dalam keluarga di dalam alkitab (1), 4 tokoh alkitab yang memiliki sifat iman berpengharapan (1), 5 alasan mengapa orang kristen berpengharapan kepada Yesus (1), 5 perjanjian allah dengan manusia tentang pembaharuan kehidupan manusia (1), 5 petanyaan yang cocok untuk bacaan kisras 2:41-47 (1), 6 tokoh alkitab yang berpengharapan kepada yesus (1), 8 cara hidup berpengharapan (1), @apa yang menjadi penghalang untuk maju sebagai wanita kristen (1), Abigail perempuan bijak (1), abigail wanita bijak (1), Abigail Wanita yang Bijaksana renungan kristen (1), abigail wanita yg berhikmat (1), Ada 3 alasan menurut Firman Tuhan,mengapa orang mengalami kertak gigi (1), Adakah konsekuensi sebagai murid Yesus (1), agama kristen : pentingnya hidup berpengharapan? (1), Air hidup Efesus 5:1-21 (3), Ajaran kristen atau khotbah Apa hubungan doa dengan pengharapan (1), ajaran nihilisme (3), akibat bagi orang yang percaya jika ia tidak berpengharapan (1), Akibat dari orang yang tidak berpengharapan oleh allah (1), Akibat dari penolakan akan Tuhan.(1 sam.8:18) (1), alasan ketidakadilan manusia menurut alkitab (1), alasan mencari yesus (1), alasan mengapa anak-anak Tuhan harus hidup berpengharapan? (1), alasan mengapa orang kristen harus memiliki hati yang kuat dan tegar (1), alasan mengapa selaku anak Tuhan kita harus hidup berpengharapan (2), alasan orang kristen berpengharapan (2), alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus (9), alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (1), alasan orang kristen berpengharapan pada yesus (1), alasan orang kristen untuk berpengharapan kepada Yesus (1), alek@tridaya-dimensi.com loc:BR (1), alex letlora (1), alex letlora 2 raja-raja 4 31 37 (1), Alkitab 1Petrus 1:3-12 sukacita dalam keselamatan (1), Alkitab berpengharapan kepada Tuhan (1), alkitab lukas 10:1:12 (1), alkitab saling bertolongan (1), alkitab tentang berpengharapan kpd tuhan (2), alkitab tentang perseteruan dalam keluarga (1), Allah adalah pemberi hidup (2), Allah berkenan menjumpai sebuah renungan kristen (1), allah dan karyanya (1), Allah ditengah tengah orang yang susah (1), allah melindungi kita selama (1), ALLAH MEMBERKATI NUH DAN KELUARGANYA (1), Allah menuntun umatNya (1), Allah Pemberi hidup (3), allah pemberi kehidupan (1), allah sang pemberi kehidupan (1), allah yang menuntun hari hari kita (1), allh sebagai pemberi hidup (1), amsal 22 17-19 (8), amsal 22 29 (1), amsal 5 : 13-23 (1), amsal 5 :13-23 (1), anak tuhan diperhadapkan pada pergumulan ayat kristen (1), anugerah Allah bagi keluarga kotbah (1), ap yang dimaksud suami kompatibel (1), apa 3 bentuk konflik dari pertobatan (1), apa alasan orang kristen berpengharapan pada Yesus (1), Apa apa saja konsekuensi sebagai murid yesus (1), apa arti kasih karunia allahsudah nyata (1), apa arti 1 petrus1 :12 (3), apa arti berpengharapan dalam kristen (1), apa arti dari rajin dan berpengharapan kepada tuhan (1), apa arti hidup berpengharapan dalam iman kristiani (3), apa arti kata pelkat dari orang kristen (7), Apa arti kekudus (1), apa arti Pelkat PA GPIB (1), apa arti pengharapan dalam penderitaan dan jelaskan (4), apa arti perkataan apabila tidak taat akan dimenangkan oleh istrinya (1), apa arti suami kompatibel (3), apa arti tidak kompatible dalam hubungan suami istri (1), apa artinya mengalami kasih karunia (1), apa beda grace dan favor (1), Apa bedanya anugerah dan kasih karunia (1), apa berkat allah ditengah keluarga nuh (1), apa berkat bagi orang yang berpengharapan pada Yesus (1), apa isi 3 ayat firman tuhan tentang hidup beriman dan berpengharapan (1), apa itu berpengharapan (1), apa itu hidup berpengharapan (1), apa itu sifat kompatibel (1), apa itu sifat yang kompatibel (1), apa kata alkitab mengenai cara menghadapi pergumulan hidup (2), apa kata alkitab tentang menghadapi masa sulit (1), Apa keteladanan dari daud dan samuel yang dapat ikuti menurut alkitab (1), apa konsekuensi sebagai murid Tuhan Yesus? (1), apa konsekuensi sebagai murid yesus (1), apa konsekuensi sebagai seorang murid yesus (1), apa konsekuensinya menjadi murid yesus dalam bersaksi (3), apa makna hidup berpengharapan dalam iman kristiani (1), apa makna jumat agung (1), Apa makna kegelapan yamg meliputi golgota dan tabir Allah terbelah dua (1), Apa makna kegelapan yang meliputi Golgota dan tabir Allah terbelah dua (2), Apa makna kegelapan yang meliputi golgota dan tabir allah terbelah dua? (1), apa makna kegelapan yang meliputi golgota dan tirai bait Allah terbelah menjadi 2 (1), apa makna kegelapan yang mengikuti golgotha dan tabir allah terbelah dua (1), apa makna kegelapan yg meliputi golgota dan tirai bait allah terbelah dua (1), Apa Makna kematian Yesus Kristus/jumat agung (1), apa makna yang menyelimuti golgota dan tirai allah terbelah (1), apa maksud bahwa doa membuat kita berpengharap (1), apa maksudnya bahwa doa itu membuat kita berpengharapan? (1), apa menjadi penghalang sehingga berkat tidak bisa dialami (1), Apa pengertian dlm mengatasi penderitaan untuk masah depan (1), apa perbedaan grace dan faver (1), apa perbedaan grace dan favor dalam alkitab? (1), apa saja alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus (1), Apa yang dapat kita pelajari dari kesetiaan allah pada janjinya (3), apa yang di maksut dengan natsar ke tuhan (1), apa yang dimaksud dengan Memahami Keterpanggilan sebagai Warga GPIB (Sebuah Identitas) (1), apa yang menjadi ajakan daud dalsm mazmur 34 (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada kristus (2), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada orang kristen (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada tuhan yesus kristus (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus (6), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus ? (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (3), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan pada yesus (2), Apa yang menjadi alasan orang kristen yang berpengharapan kepada Yesus (1), apa yg dilakukan agar iman kristen tdk goyah (1), apa yg dilakukan suami istri disunem kepada nabi elisa (1), Apa yg menjadi alasan orang kristen berpengharapan pada tuhan yesus (1), Apa yg menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (1), apaakna janji allah yg sdh terpenuhi dlm diri yesus kristus (1), apakah ada konsekuensi sebagai murid yesus (2), apakah alloh akan melindungi saya dari ancaman seseorang (1), Apakah arti atau makna hidup berpengharapan bagi seorang kristen (1), apakah arti bertolong-tolongan dalam alkitb kristen. (2), apakah bukti bahwa bahasa taat kepada konteks (1), apakah hubungan berkat dan kepercayaan (1), Apakah kekudusan berhubungan dengan ketaatan, menurut Alkitab? (1), apakah yang perlu kita perhatikan dalam peristiwa paskah (2), apakah yesus melindungi kita (1), apakah yesus memerlukan pujian (1), apayang menjadi alasan orang kristen berpenggarapan kepada yesus (1), apilkasi kehidupan sehari-hari mempelai laki-laki memuji mempelai perempuan (1), apkikasi kematian yesus (2), aplikasi habakuk 2:1-2 (1), aplikasi habakuk 2:1-5 (1), Aplikasi jamita epesus 1:2-14 (2), aplikasi khotbah kemerdekaan (2), aplikasi khotbah tentang kematian Yesus (3), aplikasi kotbah kebajikan yusuf (1), aplikasi kotbah kristen perseteruan suami istri (1), aplikasi kotbah semakin dihambat semakin merambat (2), aplikasi markus 8 : 31-38 (1), Aplikasi Yesaya 55:12 (1), arahan aplikasi dari bacaan 1 petrus 5:6-11 (2), arti 1 petrus 1:3-12 (1), arti 1 Petrus 2:1-10 (1), arti 2 ,samuel 23 (1), arti amsal 22:29 (1), arti anugerah dlm keluarga (1), arti atau makna kematian tuhan yesus atau jumat agung (1), arti ayat habakuk 2:1 (2), arti ayat kel 3:1-14 (1), arti ayat kel 3:12 (2), arti ayat mazmur 37:34 (1), Arti bermartabat secara utuh (1), arti berpengharan dalam tuhan (2), arti berpengharapan bagi orang kristen (1), arti berpengharapan bagi umat kristen (2), arti berpengharapan dalam Kristen (1), arti berpengharapan menurut iman kristiani (2), Arti dan makna berkat bagi Kristen (1), arti dan makna hidup berpengharapan dalam Yesus (1), arti dan makna jumat agung (2), arti dan makna markus 8:31-38 (1), arti dari ayat 1 petrus 3:4 (1), arti dari efesus 1:3-14 (1), arti dari Hidup ini singkat, dengarkan yg pantas didengarkan (1), arti dari jumat agung (1), arti dari mazmur 37:34-40 (1), arti dari nama aleksius jampur (1), arti dari pengharapan ditengah penderitaan (1), arti dari suami kompatibel (1), arti dari yeremia 29 ayat 7 (1), arti favour dlm agama kristen (1), arti firman Tuhan amsal 22 (1), arti galatia 3:27-29 (1), Arti garam dalam memaknai kehidupan bersama orang lain (1), arti hidup berpengharapan (1), arti hidup beriman (1), arti hidup berkualitas menurut maz 119:1-8 (1), arti hidup berpengharapan (6), arti hidup berpengharapan alkitabiah (1), arti hidup kristiani (1), arti hidup secara kristiani (1), arti Imamat 26:2 (1), arti jumat agung (14), arti jumat agung atau kematian Tuhan Yesus (1), arti jumat agung bagi orang kristen (4), Arti jumat Agung menurut Iman Kristen (1), arti kehadiran Allah dalam keluarga (1), arti kejadian 48 : 1-9 (1), arti kejadian 48 ayat 1-9 (2), arti kematian dalam keluarga (1), arti kematian kristus khotbah (1), arti kematian Tuhan Yesus menurut lukas 23:44-49 (1), arti kematian yesus (1), Arti kematian Yesus bagi kita (1), arti kematian yesus menurut lukas 23:44-49 (1), arti keterbukaan dalam hal pergumulan bersama (2), arti Kpr 1:8 dlm org gsja (1), arti kuasa maut telah dikalahkan (1), arti lukas 23:44-49 (1), arti makna kematian yes (1), arti malam bagi para pemazmur (1), arti maz 119:1-8 (1), arti mazmur 34:11 (1), arti memercayakan diri (1), arti menantikan Tuhan dan tetap ikuti jalan Nya (1), arti mendalam imanuel dalam dukacita (1), arti muliakanlah (1), arti Mzm 37:34 (1), arti nama allah peduli (1), arti nama egla (2), arti orang kristen tdk menyia nyiakan keselamatan (1), arti peduli dalam alkitab (1), Arti pengharapan bagi umat kristen (1), arti pengharapan dalam penderitaan (1), arti pengharapan menurut agama kristen (1), arti pentakosta pribadi (1), arti pentekosta menurut kis.2:1-11 (1), arti pergumulan (3), arti pergumulan menurut alkitab (1), arti pergumulan rohani (1), arti Rohani dari Roh Elia Dan jubah yg di berikan pada Elisa (1), arti sebuah kemerdekaan khotbah kristen (1), arti semakin dihambat, semakin merambat (1), arti suami kompatibel (1), arti suami yang kompatibel (1), arti To be trusted is a greater compliment than being loved. ~ George MacDonald" (1), arti trusted kitchen mate (1), arti yoh 3:12 (4), artikel berpengharapan kepada tuhan (1), artikel hidup berpengharapan (1), Artikel jumat agung (2), artikel keluarga kristen (1), artikel khotbah dampak perempuan samaria (1), artikel khotbah tentang keluarga idaman (1), artikel konflik dalam kekristenan (1), Artikel kotbah tetang hidup berpengharapan (1), artikel kristen tentang konflik keluarga (1), Artikel Kristen Hidup Berpengharapan (2), Artikel Kristen Tenantang paskah (1), artikel kristen tentang pergumulan (1), artikel kristen tentang perwujudan (1), artikel kristen tentang sex dalam keluarga (1), artikel markus 1:14-15 (1), artikel mazmur 91 (1), artikel pdt. alex letlora (3), artikel rohani mengenai saluran berkat (1), artikel tentang hidup berpengharapan (2), artikel tetaplah berpengharapan (1), artikel yang memperlihatkan hidup yang tidak berpengharapan (1), artikel; pemeliharaan Allah (1), ayat alkitab agar tetap berpengharapan (1), ayat alkitab anak tuhan tidak akan dipermalukan (1), ayat alkitab berkaitan dengan pemberi nafas kehidupan (1), ayat alkitab berpengharapan pada tuhan (1), ayat alkitab hidup berpengharapan (1), ayat alkitab jangan lelah dilandang Nya Tuhan (1), ayat alkitab ketidak adilan (1), ayat alkitab ketidakadilan (2), ayat alkitab ketika kita tak berpengharapan (1), ayat alkitab muliakanlah Tuhan (1), ayat alkitab mutiara di saat iman goyah (1), Ayat Alkitab Orang yang mencari Tuhan tidak mencari Tuhan dengan sia-sia orang yang mencari Tuhan ti (1), ayat alkitab pengkhianatan dalam keluarga (1), ayat alkitab rindu kasih yesus (1), ayat alkitab sahabat yang berkhianat (1), ayat alkitab solusi konflik (1), ayat alkitab tentang berhianat (1), ayat alkitab tentang berkat nafas (1), ayat alkitab tentang berkhianat ke teman (1), ayat alkitab tentang berpengharapan (4), ayat Alkitab tentang berpengharapan kpd Tuhan (1), ayat alkitab tentang cinta tulus di balas dengan penghianatan (1), ayat alkitab tentang hubungan intim suami istri (1), ayat alkitab tentang jeri payah tidak sia sia (1), ayat alkitab tentang jumat agung (1), ayat alkitab tentang kebahagiaan emosi (1), ayat alkitab tentang kedisplinan (1), Ayat alkitab tentang kembalilah pada Yesus dan khotbahNya (1), ayat alkitab tentang kering, tidak ada berkat, hidup susah (1), ayat alkitab tentang ketidak adilan (2), ayat alkitab tentang ketidakadilab (1), ayat alkitab tentang ketidakadilan (5), ayat alkitab tentang konflik keluarga (1), ayat alkitab tentang memutar balik fakta (2), ayat alkitab tentang mengembalikan semangat dalam kristus (1), ayat alkitab tentang org yg d zolimi (1), ayat alkitab tentang peneguhan sidi (2), ayat alkitab tentang penolakan firman Tuhan (2), ayat alkitab tentang perseteruan dalam jemaat (1), ayat alkitab tentang saling tolong menolong (1), ayat alkitab tentang semakin di dihadang semakin merambat (1), ayat alkitab tentang tolong menolong (1), ayat alkitab tetap berpengharapan (1), ayat alkitab Tuhan sumber dari segalanya (1), ayat alkitab untu trendk peneguhan sidi keristen (1), ayat alkitab untuk beroengharapan (1), ayat alkitab untuk berpengharapan (1), ayat alkitab untuk berpengharapan bagi orang sakit (1), Ayat alkitab untuk jemaat yang konflik dalam rumah tangga (1), ayat alkitab untuk mengatasi masa sukar dalam kehidupan (1), ayat alkitab unuk.kita berpengharapan (1), ayat Alkitab utk mengatasi konflik keluarga Kristen (1), ayat alkitab yang tentang nafas kehidupan (1), ayat alkitab Yesus mengangkat harkat dan martabat manusia (1), ayat alkitan tentang kekuatan bagi orang yang trancam (1), ayat ayat alkitab untu berpengharapan (2), ayat ayat dalam alkitab tentang ketidakadilan (1), ayat ayat hotbah pa (1), ayat bacaan alkitab yang berhubungan dengan konflik (1), ayat berpengharapan (2), ayat bersyukur untuk pergumulan (1), ayat dalam alkitab ketidak adilan (1), ayat dalam alkitab yang menjelaskan tentang ketidakadilan (1), ayat dialkitap tetap tangguh (1), Ayat firman tentang sahabat yg berkhianat (1), ayat firman Tuhan jeri payah dalam Tuhan tidak sia-sia (1), ayat Firman Tuhan tentang Jumat Agung (1), Ayat Firman Tuhan tentang ketidak adilan (1), ayat firman Tuhan tentang ketidakadilan (1), ayat firmantuhan untuk kedatangan yesus membawa perubahan (1), ayat fitman TUhan tentang berpengharapan (1), ayat hidup beriman dan berpengharapan (1), ayat hidup dalam pengharapan (1), ayat injil harum melati (1), ayat injil tentang penghianatan (1), ayat keluarga bertumbuh dalam allah (1), ayat ketika mendapat ketidak adilan (1), ayat kristen tentang warisan keteladanan (1), ayat mendengar suara tuhan (1), ayat paskah tentang persembahan yang tulus (1), ayat pemberi renungan (1), Ayat penantian (1), ayat peneguhan sidi (1), Ayat Renungan bagi ketidakadilan (1), ayat renungan ikuti jalan tuhan (1), ayat renungan singkat dengan tema hidup beriman dan berpengharapan (1), Ayat renunggan hut gereja (1), ayat setiap jaman ada utusan (1), ayat soal keadilan dalam kitab pengkhotbah (1), ayat tentang allah peduli (1), ayat tentang berpengharapan kepada Tuhan (1), ayat tentang cinta kekasih di filipi (1), ayat tentang kesatuan dalam perbedaan (1), ayat tentang ketidakadilan dalam Alkitab (1), ayat tentang pergumulan kristen (1), ayat tentang sahabat berkhianat (1), ayat ttg pelaku kasih dan perdamaian (1), ayat Tubuh sebagai bait KudusNya (1), ayat untuk kekasih dlm dialog (1), ayat untuk orang yang berkhianat dalam kristen (1), ayat untuk sahabat yang berkhianat (1), ayat untuk tangan menjadi kuat (1), ayat yg isinya ketidak putus asa alkitab (1), ayat-ayat di masa sulit pdt petrus agung (1), ayatberpengharapan (1), ayat_alkitab_tentang_keadilan_ketidakadilan (1), Bacaan renungan malam singkat tentang pengkhianatan sahabat (1), bacaan seks sekeluarga (1), Bagaimana anak anak yang punya hidup dalam berpengharapan dlm ajaran kristen (1), bagaimana bertahan di tengah ketidakadilan dalam kristen (1), Bagaimana cara hidup berpengharapan dalam alkitab (1), bagaimana cara menerima penolakan pasangan dalam kristen (1), bagaimana cara menerima penolakan suami dalam kristen (1), Bagaimana cara mengatasi ketidakadilan di tengah tengah dunia ini ( bandingkan Pengkhotbah 3:16-22) (1), bagaimana cara menghadirkan firman tuhan di tengah kehidupan yang kacau (1), bagaimana hidup berpengharapan di agama kristen (2), Bagaimana hidup berpengharapan itu (1), bagaimana hidup dengan berpengharapan di dalam yesus (1), bagaimana kita bisa tetap bersyukur di tengah persoalan yang ada. fersi agama kristen. (1), Bagaimana kita memeprlihatkan bahwa kita mengasihi Allah . (1), bagaimana membangun iman sbg daya tahan ditengah arus zaman,sebuah khotbah kristen (1), bagaimana membangun jemaat (1), bagaimana mengalami penolakan dalam Tuhan (1), bagaimana mengatasi pilihan yang sulit menurut ayat alkitab (1), Bagaimana mengembalikan keimanan yg pudar (1), bagaimana mengenal allah melalui pengenalan akan diri sendiri dan mengenal diri sendiri melalui peng (1), bagaimana mengusahakan keluarga sebagai anugerah Allah (1), bagaimana menjadi orang Kristen yang berpengharapan? (2), bagaimana paulus memaknai pelayanannya di tengah penderitaan menurut 2 korintus 1:3-11 (1), bagaimana perempuan gereja mengalami penyertaan di tengah rasa takut (1), bagaimana supaya Allah peduli bagi umatnya (1), bagaimana/memuji/pasangan/kristen (1), bagaimanakah keluargamu melakukan kehendak allah secara konflik (1), Bagi Berkat.com (1), bahagia orang yang mencari tuhan (1), bahan ajar dari tafsiran kitab filipi 2:1-7 (3), bahan cerita anak sekolah minggu dari imamat 26:1-6 (1), bahan hotbah (1), bahan khotba dari pengkhotbah 3:16-22 (1), bahan khotba mazmur 48:1-9 (1), Bahan khotba pilipi 2:1-5 (1), Bahan khotbah 1 petrus 1: 3 - 5 dan uraian khotbah (1), bahan khotbah 1 petrus 1 (1), bahan khotbah 1 petrus 1 : 3 - 9 (1), bahan khotbah 1 petrus 1: 3-12 (1), bahan khotbah 1 petrus 1:3 (1), Bahan khotbah 1 petrus 1:3-12 (5), bahan khotbah 1 petrus 3:1-12 hidup suami istri (1), Bahan khotbah bersyukur (1), bahan khotbah bersyukur dan berpengharapan (1), bahan khotbah cara menghadapi tekanan hidup (1), bahan khotbah dari 1 petrus 2:5-10 (1), bahan khotbah dari kisah rasul 3:11-26 (1), Bahan Khotbah dari Kitab 1 Petrus 1:3-12 (1), bahan khotbah dari kolose 3 ayat 15 dalam berbahasa batak (1), Bahan khotbah dialogis (1), bahan khotbah efesus 1 3-14 (1), bahan khotbah efesus 1: 3-14 (1), bahan khotbah efesus 1:3-14 (2), bahan khotbah filipi 2:1-11 (2), bahan khotbah filipi 2:1-5 (1), bahan khotbah hari kemerdekaan (1), bahan khotbah hidup adalah pilihan (1), bahan khotbah hubungann suami istri 1 petrus 3:1-12 (1), bahan khotbah ibrani 12 (3)

    Kategori Utama: Artikel (52), Catatan Refleksi (83), Download Materi (2), Khotbah (268), Photo Keluarga (41)