aletlora.com
Doa adalah percakapan dengan Tuhan dan kesediaan untuk meng'amini' kehendak-Nya. Tetaplah 'bicara' dan setialah 'mendengar'. Itulah DOA.

View : 163 kali

Khotbah
Minggu, 14 Januari 2024
Keluaran 17: 1-7
VIDI AQUAM
Pdt. Alex Letlora

VIDI AQUAM
Khotbah Tematis Ke-2
Sahabat-sahabat yang Tuhan Yesus kasihi
Air menjadi kebutuhan manusia yang paling mendasar sehingga diperlukan usaha untuk merawat dan menjaga berbagai sumber mata air. Air tidak sekedar cairan dengan rumus kimia H2O tetapi sekaligus memiliki makna yang penting bagi manusia. Dalam berbagai tradisi dikemukakan bahwa air juga menjadi sarana transformasi dan kesucian serta kehidupan. Air tidak sekedar mengalir tetapi lebih dari itu dapat melewati berbagai halangan dan rintangan dan bergerak terarah menuju muara. Sebagai kebutuhan hidup air memberi banyak kegunaan bagi manusia yang seringkali hadir dengan semangat destruktif terhadap sumber atau mata air. Manusia yang mandi memerlukan 15-17 liter air dengan gayung tetapi hanya 7-9 liter jika memakai shower. Hal ini menunjukkan bahwa perhatian terhadap penghematan air memang diperlukan. Maka keberadaan air bukanlah hal biasa tetapi berkaitan dengan gaya hidup.
Dalam konteks pembacaan saat ini adalah permasalahan mengenai air ditampilkan sebagai pintu masuk pada persoalan utama yakni pertanyaan tentang ‘penyertaan Allah’. Bangsa Israel yang keluar dari Mesir adalah bangsa yang sudah terbentuk pola hidupnya seperti pola hidup Mesir. Mereka memang beribadah kepada Yahweh tetapi dalam keseharian mereka ditundukkan oleh budaya Mesir yang bersifat ‘nyata’. Artinya persoalan air bagi nabi Musa adalah persoalan mendasar yang dapat ditangani Allah tetapi bagi bangsa Israel persoalan air adalah ‘kesempatan’ untuk menggerutu kepada Allah dan mempertanyakan penyertaan-Nya, persoalan air adalah persoalan untuk menguji sampai sejauh mana Allah adalah Allah yang memenuhi kebutuhan mereka. Maka Allah yang membebaskan tidak lagi dilihat sebagai kasih karunia tetapi sebagai kewajiban Allah bagi Israel. Cara berpikir bangsa Israel adalah cara berpikir Mesir yakni cara berpikir mengendalikan dewa Ra sesuai dengan pelayanan mereka. Berbeda dengan bangsa Israel yang harus berada dalam ketidakmampuan mengendalikan Allah dengan segala persembahan mereka. Maka dalam pengajaran yang dikemukakan adalah:

1. Allah adalah Allah yang tidak dapat dikendalikan untuk menyatakan kebaikan (ayat 1-3)
Dengan pengajaran ini hendak dikemukakan bahwa Allah adalah Allah yang bertindak dalam kebebasan namun selalu dikemas oleh kasih karunia-Nya yang besar. Allah adalah Allah yang kasih karunia-Nya terus mengalir bagaikan air yang tidak dapat dihadang oleh apapun sebab muaranya adalah kemerdekaan umat. Seringkali persoalan dalam relasi dengan Allah menjadi persoalan yang mendalam dan bukan sekedar permasalahan yang kelihatan di luar. Maka mengubah cara pandang terhadap berbagai realitas yang terjadi menjadi kebutuhan yang mendesak. Allah yang menyertai umat adalah Allah menyatakan jaminan-Nya maka setiap persoalan yang dihadapai umat bukanlah pintu masuk untuk mempertanyakan penyertaan Allah. Bukanlah alasan untuk mengaburkan tindakan Allah. Allah adalah Allah yang hadir bagai air yang mengatasi berbagai kehausan manusia untuk menjalani kehidupan dengan baik. Manusia yang haus akan kebaikan adalah manusia yang akan mengalami kepuasan didalam kehadiran-Nya sebagai air (band. Mazmur 107: 8-9).
Maka dalam kehidupan kita sekarang hendaknya kita tidak mengatur kebaikan Tuhan agar disesuaikan dengan kehendak kita yang masih bergumul dengan dosa. Kebaikan Tuhan tidak bisa kita takar dengan cara berpikir kita yang cenderung korup. Maka jalan terbaik adalah meyakini kebaikan Tuhan dan tidak mempertanyakan kuasa Tuhan. Kehidupan kita selalu diwarnai dengan kebaikan Tuhan dimana kebaikan Tuhan tidak selalu sama dengan keinginan kita maka hendaklah kita merubah sudut pandang kita terhadap kasih karunia Allah.
Hal inilah yang juga dikemukakan oleh Pdt. Charles Spuergeon yang menyatakan bahwa di tengah besarnya persoalan yang dihadapai disana selalu ada celah/ruang untuk menyatakan kasih Allah yang besar. Maka hendaklah pikiran ini yang kita perlu munculkan bahwa di tengah keadaan yang sulit pasti ada ruang untuk karya Allah yang membebaskan. Rasa haus akan kualitas hidup yang baik tidak bisa dipenuhi oleh apapun sebab hanya Yesus sang Air Kehidupan yang mampu mengatasinya.

2. Masa dan Meriba adalah adalah symbol perjalanan (ayat 4-6)
Persitiwa Masa dan Meriba adalah peristiwa yang harus selalu diingat dan tidak boleh diabaikan. Di Masa dan Meriba umat hendak menjerumuskan Musa yang memimpin mereka padahal Musa yang dipilih dan ditentukan Allah untuk memimpin mereka. Masa dan Meriba menjadi titik berangkat pembaruan selaku umat Allah. Ketika air menjadi sumber pertengkaran dan sumber pengerdilan karya Allah maka tindakan Musa yang berseru kepada Allah merupakan tindakan pembaruan cara pandang. Musa tidak ikut dalam cara pandang yang popular yakni ikut-ikutan untuk menggerutu dan sebaliknya membuat jalan yang berbeda. Air bisa menjadi pangkal persoalan tetapi sekaligus dapat menghadirkan pembaruan cara berpikir yakni tidak terjebak pada MASA dan MERIBA.
Selaku umat Tuhan dewasa ini kita semua dapat berada dalam kebutuhan yang paling mendasar yakni kesegaran dan keadaan yang baik. Namun kenyataan tidak selalu berpihak pada kemauan kita sebab kenyataan selalu hadir dengan caranya sendiri. Peristiwa yang tidak pernah bisa diduga menjadi bagian dari kehidupan dan menghantam setaip harapan. Masa dan Meriba adalah gambaran bahwa kehidupan kita tidak selalu selaras dengan kalkulasi dan perhitungan. Namun bagai air yang menyegarkan, Allah hadir dengan cara-Nya sendiri, dengan perhitungan-Nya sendiri. Kadang seluruh harapan kita tercapai dan disanalah Allah menyatakan kebersamaan sehingga kesegaran juga dapat dialami.

Sahabat-sahabat yang Tuhan Yesus kasihi
Melalui pengajaran ini hendak dikemukakan kepada kita semua bahwa sebagai manusia yang memilih untuk berjalan dengan Allah bukanlah berarti bahwa segala keinginan terpenuhi. Sebaliknya dalam berjalan bersama Tuhan selalu ada jaminan dari-Nya. Hal inilah yang dikemukakan Tuhan Yesus dalam Yohanes 7: 37-38 demikian: Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum. Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Pernyataan ini menunjukkan bahwa bahwa dalam percaya kepada-Nya setiap orang dimungkinkan untuk menjadi aliran air yang membawa kesegaran dan bukan kegersangan. Pernyataan ini juga menjelaskan bahwa bahwa kebutuhan akan keterlibatan Yesus dalam kehidupan akan menanggulangi dahaga yang dialami sebab tanpa Yesus manusia binasa seperti halnya tanpa air manusia akan binasa. Hal ini juga yang dikemukakan Paulus dalam 1 Korintus 10: 3-4 tentang betapa pentingnya pemahaman tentang kehadiran Yesus. Kebutuhan mendasar setiap orang percaya adalah kebersamaan dengan-Nya yang memungkinkan setiap dahaga dapat diatasi. Maka dengan melihat air �" vidi aquam, kita semua diundang memasuki kehidupan 2024 dengan semua keadaan tetapi kita tidak terjebak dalam kondisi MASA yang berarti pengujian, dan nama MERIBA, yang berarti pertengkaran. Maka setiap kali kita melihat air setiap kali juga kita diingatkan bahwa hidup menjadi berarti ketika berarti bagi sesama -keluarga. Setiap kali melihat air setiap kali diingatkan bahwa penyertaan Tuhan tidak pernah terpatahkan oleh tandusnya kehidupan sebab bahkan dari batu dapat mengalir air yang memberi kehidupan. Water is not a solid wall, it will not stop you. But water always goes where it wants to go, and nothing in the end can stand against it. (Air bukanlah tembok yang kokoh, ia tidak akan menghentikan Anda. Namun air selalu mengalir kemana pun ia mau, dan pada akhirnya tidak ada yang bisa menahannya). Itulah kesetiaan Tuhan yang dengan sabar menuntun kita ke masa depan yang lebih baik. Maju terus bersama Tuhan Yesus sebab dalam persekutuan dengan jerih lelah kita menghadirkan kesegaran dari Tuhan, jerih lelah itu tidak sia-sia. Amin


Pdt. Alexius Letlora D.Th
Pendeta di GPIB Jemaat “Maranatha” Surabaya




Arsip Khotbah:

Minggu, 14 April 2024
BERHARGA DI MATA TUHAN

Minggu, 07 April 2024
PEMULIHAN ALLAH DAN RENCANA-NYA

Jumat 29 Maret 2024
YESUS YANG TERALIB DAN RELASI YANG BARU

Minggu, 03 Maret 2024
MANUSIA YANG MANUSIAWI

Minggu 25 Februari 2024
HIDUP BERSAMA DENGAN RUKUN

Minggu, 11 Februari 2024
BAHAGIA VIA TRANSFIGURASI YESUS

Minggu, 21 Januari 2024
MISSION IMPOSSIBLE

Minggu, 07 Januari 2024
LAUS DEO

Minggu, 31 Desember 2023
RENCANA ALLAH DAN KETERLIBATAN MANUSIA

Minggu, 17 Desember 2023
BERITAKAN KEBENARAN

Arsip Khotbah..

Mengenai Saya:

Pdt. Alexius Letlora D.Th

Saya adalah Pendeta di GPIB Jemaat “Maranatha” Surabaya.

Telah Melayani selama 33 tahun sejak desa Baras (Sulawesi Barat). Istri Conny Alma Letlora - Sumual, menjadi pendamping yang turut terlibat mendorong saya untuk semakin bertumbuh dalam pelayanan.
Kami diberkati 32 tahun yang lalu dan dikaruniakan anak-anak,  Linkan, Kezia dan Andrew sebagai anugerah Tuhan kepada kami. Kami sekeluarga bersyukur untuk semua kebaikan Tuhan dalam hidup kami.

MAJU TERUS BERSAMA YESUS SEBAB DALAM PERSEKUTUAN DENGAN-NYA JERI LELAH KITA TIDAK PERNAH SIA-SIA.
Popular:


GEREJA YANG MELAYANI DAN BERSAKSI - DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN JEMAAT
KEKUATAN KELUARGA YANG BERSYUKUR
HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
SEPATU YANG BERLUBANG
MAKNA KEMATIAN YESUS (Jumat Agung)
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
TUJUAN KETERPILIHAN MANUSIA


Sub Kategori Khotbah:

    Last Searches:
    1 petrus 1 : 3- 12 (1), ªƿª yang kita pahami dalam perikop 1 petrus 1:3-12 (1), berkat allah bagi keluarga (1), berpidato untuk kebaikan diri sendiri untuk tuhan. (2), cara mengatasikonflik dlm keluargakristen (2), ciri hidup berpengharapan dalam mazmur 21-30 (1), dampak hidup berpengharapan dan beriman!/ (1), khotbah efesus 1 3-14 (1), khotbah epesus 1:3-14 (1), Khotbah Pengkhotbah 3:16-22 (1), Kotbah 1Petrus 1:1-12 (1), penolakan kebenaran yesus (1), perbedaan dan kesatuan dalam keluarga (1), perikop tentang bertahan dalam pengajaran (1), renungan 1 Petrus 1:3-12 (1), renungan galatia 3:23-29 (1), "jangan lelah bekerja diladang Tuhan" ayat alkitab (1), "kasih yang menghidupkan" by Pdt.Petrus Agung (1), "orang besar""hati besar" (1), "penantian" kotbah (1), "sumber-sumber konflik pernikahan kristen" (2), 1 korintus 7:2-5 (1), 1 pertrus 1:3-12 (1), 1 petrus 1 3 - 12 (4), 1 petrus 1 3 12 (1), 1 petrus 1 3-12 (7), 1 petrus 1 : 3 - 12 (2), 1 petrus 1 : 3-12 (3), 1 petrus 1 :3-12 (1), 1 petrus 1: 3-12 (1), 1 petrus 1:14-16khotbah (1), 1 petrus 1:3 (1), 1 petrus 1:3-12 (41), 1 petrus 1:3-12 khotbah (1), 1 petrus 1:3-12 pengharapan, iman dan kasih (1), 1 petrus 1:3-12 renungan (1), 1 petrus 1:3-12. (1), 1 Petrus 1:3-12. tema: Kristus yang bangkit adalah pengharapan kita (3), 1 petrus 1;3-12 renungan (1), 1 petrus 2 : 4-10 peranan dan identitas baru (1), 1 petrus 2:1-10 khotbah kristen pantekosta (1), 1 petrus 2:11-17 makna refleksi (2), 1 petrus 3 1-7 (2), 1 petrus 3 ayat 7 (5), 1 petrus 3:1-7 (2), 1 petrus1:3-12 (1), 1 peyrus 1:3-12 (1), 1 tesalonika 5 6-11 (1), 1 tesalonika 5:1-11 (1), 1 yohanes 5:1-5 (6), 1 Yohanes 5:13-21 (1), 1cara untuk bertobat (2), 1kata bermakna maju (1), 1korintus 3::1-7 (1), 1petrus 1:3-12 (3), 1petrus 3:1-7 (1), 1petrus1 1-12 (1), 1tesalonika5:23 (1), 1Tesalonika5:6-11 (1), 2 contoh kesaksian berpengharapan kepada kristus (1), 2 korintus 1:3-12 (1), 2 samuel 12 ayat 13 (1), 2 samuel 12:20 khotbah (1), 2 SAMUEL 23:5 KELUARGA DALAM SUASANA SURGA (1), 2 Samuel 3 : 6-16 (1), 25 sikap hidup orang berpengharapan (1), 2samuel7:2-13 renungan (1), 3 artikel orang yang berpengharapan (1), 3 aspek dalam pemeliharaan allah agama kristen (1), 3 contoh orang di dalam alkitab yang hidup berpengharapan dalam tuhan (1), 3 hal bertumbuh sebagai keluarga allah (1), 3 hal yang mengikuti anak manusia (1), 3 janji allah kepada orang yang beriman dan berpengharapan kepada nya (1), 3 konsekuensi kita sebagai murid kristus (2), 3 konsekuensi mengikut yesus (3), 3 konsekuensi mengikuti yesus (2), 3 konsekuensi sbg murid yesus (1), 3 konsenkuensi mengikut yesus (1), 3 perseteruan dalam keluarga di dalam alkitab (1), 4 tokoh alkitab yang memiliki sifat iman berpengharapan (1), 5 alasan mengapa orang kristen berpengharapan kepada Yesus (1), 5 perjanjian allah dengan manusia tentang pembaharuan kehidupan manusia (1), 5 petanyaan yang cocok untuk bacaan kisras 2:41-47 (1), 6 tokoh alkitab yang berpengharapan kepada yesus (1), 8 cara hidup berpengharapan (1), @apa yang menjadi penghalang untuk maju sebagai wanita kristen (1), Abigail perempuan bijak (1), abigail wanita bijak (1), Abigail Wanita yang Bijaksana renungan kristen (1), abigail wanita yg berhikmat (1), Ada 3 alasan menurut Firman Tuhan,mengapa orang mengalami kertak gigi (1), Adakah konsekuensi sebagai murid Yesus (1), agama kristen : pentingnya hidup berpengharapan? (1), Air hidup Efesus 5:1-21 (3), Ajaran kristen atau khotbah Apa hubungan doa dengan pengharapan (1), ajaran nihilisme (3), akibat bagi orang yang percaya jika ia tidak berpengharapan (1), Akibat dari orang yang tidak berpengharapan oleh allah (1), Akibat dari penolakan akan Tuhan.(1 sam.8:18) (1), alasan ketidakadilan manusia menurut alkitab (1), alasan mencari yesus (1), alasan mengapa anak-anak Tuhan harus hidup berpengharapan? (1), alasan mengapa orang kristen harus memiliki hati yang kuat dan tegar (1), alasan mengapa selaku anak Tuhan kita harus hidup berpengharapan (2), alasan orang kristen berpengharapan (2), alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus (9), alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (1), alasan orang kristen berpengharapan pada yesus (1), alasan orang kristen untuk berpengharapan kepada Yesus (1), alek@tridaya-dimensi.com loc:BR (1), alex letlora (1), alex letlora 2 raja-raja 4 31 37 (1), Alkitab 1Petrus 1:3-12 sukacita dalam keselamatan (1), Alkitab berpengharapan kepada Tuhan (1), alkitab lukas 10:1:12 (1), alkitab saling bertolongan (1), alkitab tentang berpengharapan kpd tuhan (2), alkitab tentang perseteruan dalam keluarga (1), Allah adalah pemberi hidup (2), Allah berkenan menjumpai sebuah renungan kristen (1), allah dan karyanya (1), Allah ditengah tengah orang yang susah (1), allah melindungi kita selama (1), ALLAH MEMBERKATI NUH DAN KELUARGANYA (1), Allah menuntun umatNya (1), Allah Pemberi hidup (3), allah pemberi kehidupan (1), allah sang pemberi kehidupan (1), allah yang menuntun hari hari kita (1), allh sebagai pemberi hidup (1), amsal 22 17-19 (8), amsal 22 29 (1), amsal 5 : 13-23 (1), amsal 5 :13-23 (1), anak tuhan diperhadapkan pada pergumulan ayat kristen (1), anugerah Allah bagi keluarga kotbah (1), ap yang dimaksud suami kompatibel (1), apa 3 bentuk konflik dari pertobatan (1), apa alasan orang kristen berpengharapan pada Yesus (1), Apa apa saja konsekuensi sebagai murid yesus (1), apa arti kasih karunia allahsudah nyata (1), apa arti 1 petrus1 :12 (3), apa arti berpengharapan dalam kristen (1), apa arti dari rajin dan berpengharapan kepada tuhan (1), apa arti hidup berpengharapan dalam iman kristiani (3), apa arti kata pelkat dari orang kristen (7), Apa arti kekudus (1), apa arti Pelkat PA GPIB (1), apa arti pengharapan dalam penderitaan dan jelaskan (4), apa arti perkataan apabila tidak taat akan dimenangkan oleh istrinya (1), apa arti suami kompatibel (3), apa arti tidak kompatible dalam hubungan suami istri (1), apa artinya mengalami kasih karunia (1), apa beda grace dan favor (1), Apa bedanya anugerah dan kasih karunia (1), apa berkat allah ditengah keluarga nuh (1), apa berkat bagi orang yang berpengharapan pada Yesus (1), apa isi 3 ayat firman tuhan tentang hidup beriman dan berpengharapan (1), apa itu berpengharapan (1), apa itu hidup berpengharapan (1), apa itu sifat kompatibel (1), apa itu sifat yang kompatibel (1), apa kata alkitab mengenai cara menghadapi pergumulan hidup (2), apa kata alkitab tentang menghadapi masa sulit (1), Apa keteladanan dari daud dan samuel yang dapat ikuti menurut alkitab (1), apa konsekuensi sebagai murid Tuhan Yesus? (1), apa konsekuensi sebagai murid yesus (1), apa konsekuensi sebagai seorang murid yesus (1), apa konsekuensinya menjadi murid yesus dalam bersaksi (3), apa makna hidup berpengharapan dalam iman kristiani (1), apa makna jumat agung (1), Apa makna kegelapan yamg meliputi golgota dan tabir Allah terbelah dua (1), Apa makna kegelapan yang meliputi Golgota dan tabir Allah terbelah dua (2), Apa makna kegelapan yang meliputi golgota dan tabir allah terbelah dua? (1), apa makna kegelapan yang meliputi golgota dan tirai bait Allah terbelah menjadi 2 (1), apa makna kegelapan yang mengikuti golgotha dan tabir allah terbelah dua (1), apa makna kegelapan yg meliputi golgota dan tirai bait allah terbelah dua (1), Apa Makna kematian Yesus Kristus/jumat agung (1), apa makna yang menyelimuti golgota dan tirai allah terbelah (1), apa maksud bahwa doa membuat kita berpengharap (1), apa maksudnya bahwa doa itu membuat kita berpengharapan? (1), apa menjadi penghalang sehingga berkat tidak bisa dialami (1), Apa pengertian dlm mengatasi penderitaan untuk masah depan (1), apa perbedaan grace dan faver (1), apa perbedaan grace dan favor dalam alkitab? (1), apa saja alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus (1), Apa yang dapat kita pelajari dari kesetiaan allah pada janjinya (3), apa yang di maksut dengan natsar ke tuhan (1), apa yang dimaksud dengan Memahami Keterpanggilan sebagai Warga GPIB (Sebuah Identitas) (1), apa yang menjadi ajakan daud dalsm mazmur 34 (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada kristus (2), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada orang kristen (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada tuhan yesus kristus (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus (6), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus ? (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (3), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan pada yesus (2), Apa yang menjadi alasan orang kristen yang berpengharapan kepada Yesus (1), apa yg dilakukan agar iman kristen tdk goyah (1), apa yg dilakukan suami istri disunem kepada nabi elisa (1), Apa yg menjadi alasan orang kristen berpengharapan pada tuhan yesus (1), Apa yg menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (1), apaakna janji allah yg sdh terpenuhi dlm diri yesus kristus (1), apakah ada konsekuensi sebagai murid yesus (2), apakah alloh akan melindungi saya dari ancaman seseorang (1), Apakah arti atau makna hidup berpengharapan bagi seorang kristen (1), apakah arti bertolong-tolongan dalam alkitb kristen. (2), apakah bukti bahwa bahasa taat kepada konteks (1), apakah hubungan berkat dan kepercayaan (1), Apakah kekudusan berhubungan dengan ketaatan, menurut Alkitab? (1), apakah yang perlu kita perhatikan dalam peristiwa paskah (2), apakah yesus melindungi kita (1), apakah yesus memerlukan pujian (1), apayang menjadi alasan orang kristen berpenggarapan kepada yesus (1), apilkasi kehidupan sehari-hari mempelai laki-laki memuji mempelai perempuan (1), apkikasi kematian yesus (2), aplikasi habakuk 2:1-2 (1), aplikasi habakuk 2:1-5 (1), Aplikasi jamita epesus 1:2-14 (2), aplikasi khotbah kemerdekaan (2), aplikasi khotbah tentang kematian Yesus (3), aplikasi kotbah kebajikan yusuf (1), aplikasi kotbah kristen perseteruan suami istri (1), aplikasi kotbah semakin dihambat semakin merambat (2), aplikasi markus 8 : 31-38 (1), Aplikasi Yesaya 55:12 (1), arahan aplikasi dari bacaan 1 petrus 5:6-11 (2), arti 1 petrus 1:3-12 (1), arti 1 Petrus 2:1-10 (1), arti 2 ,samuel 23 (1), arti amsal 22:29 (1), arti anugerah dlm keluarga (1), arti atau makna kematian tuhan yesus atau jumat agung (1), arti ayat habakuk 2:1 (2), arti ayat kel 3:1-14 (1), arti ayat kel 3:12 (2), arti ayat mazmur 37:34 (1), Arti bermartabat secara utuh (1), arti berpengharan dalam tuhan (2), arti berpengharapan bagi orang kristen (1), arti berpengharapan bagi umat kristen (2), arti berpengharapan dalam Kristen (1), arti berpengharapan menurut iman kristiani (2), Arti dan makna berkat bagi Kristen (1), arti dan makna hidup berpengharapan dalam Yesus (1), arti dan makna jumat agung (2), arti dan makna markus 8:31-38 (1), arti dari ayat 1 petrus 3:4 (1), arti dari efesus 1:3-14 (1), arti dari Hidup ini singkat, dengarkan yg pantas didengarkan (1), arti dari jumat agung (1), arti dari mazmur 37:34-40 (1), arti dari nama aleksius jampur (1), arti dari pengharapan ditengah penderitaan (1), arti dari suami kompatibel (1), arti dari yeremia 29 ayat 7 (1), arti favour dlm agama kristen (1), arti firman Tuhan amsal 22 (1), arti galatia 3:27-29 (1), Arti garam dalam memaknai kehidupan bersama orang lain (1), arti hidup berpengharapan (1), arti hidup beriman (1), arti hidup berkualitas menurut maz 119:1-8 (1), arti hidup berpengharapan (6), arti hidup berpengharapan alkitabiah (1), arti hidup kristiani (1), arti hidup secara kristiani (1), arti Imamat 26:2 (1), arti jumat agung (14), arti jumat agung atau kematian Tuhan Yesus (1), arti jumat agung bagi orang kristen (4), Arti jumat Agung menurut Iman Kristen (1), arti kehadiran Allah dalam keluarga (1), arti kejadian 48 : 1-9 (1), arti kejadian 48 ayat 1-9 (2), arti kematian dalam keluarga (1), arti kematian kristus khotbah (1), arti kematian Tuhan Yesus menurut lukas 23:44-49 (1), arti kematian yesus (1), Arti kematian Yesus bagi kita (1), arti kematian yesus menurut lukas 23:44-49 (1), arti keterbukaan dalam hal pergumulan bersama (2), arti Kpr 1:8 dlm org gsja (1), arti kuasa maut telah dikalahkan (1), arti lukas 23:44-49 (1), arti makna kematian yes (1), arti malam bagi para pemazmur (1), arti maz 119:1-8 (1), arti mazmur 34:11 (1), arti memercayakan diri (1), arti menantikan Tuhan dan tetap ikuti jalan Nya (1), arti mendalam imanuel dalam dukacita (1), arti muliakanlah (1), arti Mzm 37:34 (1), arti nama allah peduli (1), arti nama egla (2), arti orang kristen tdk menyia nyiakan keselamatan (1), arti peduli dalam alkitab (1), Arti pengharapan bagi umat kristen (1), arti pengharapan dalam penderitaan (1), arti pengharapan menurut agama kristen (1), arti pentakosta pribadi (1), arti pentekosta menurut kis.2:1-11 (1), arti pergumulan (3), arti pergumulan menurut alkitab (1), arti pergumulan rohani (1), arti Rohani dari Roh Elia Dan jubah yg di berikan pada Elisa (1), arti sebuah kemerdekaan khotbah kristen (1), arti semakin dihambat, semakin merambat (1), arti suami kompatibel (1), arti suami yang kompatibel (1), arti To be trusted is a greater compliment than being loved. ~ George MacDonald" (1), arti trusted kitchen mate (1), arti yoh 3:12 (4), artikel berpengharapan kepada tuhan (1), artikel hidup berpengharapan (1), Artikel jumat agung (2), artikel keluarga kristen (1), artikel khotbah dampak perempuan samaria (1), artikel khotbah tentang keluarga idaman (1), artikel konflik dalam kekristenan (1), Artikel kotbah tetang hidup berpengharapan (1), artikel kristen tentang konflik keluarga (1), Artikel Kristen Hidup Berpengharapan (2), Artikel Kristen Tenantang paskah (1), artikel kristen tentang pergumulan (1), artikel kristen tentang perwujudan (1), artikel kristen tentang sex dalam keluarga (1), artikel markus 1:14-15 (1), artikel mazmur 91 (1), artikel pdt. alex letlora (3), artikel rohani mengenai saluran berkat (1), artikel tentang hidup berpengharapan (2), artikel tetaplah berpengharapan (1), artikel yang memperlihatkan hidup yang tidak berpengharapan (1), artikel; pemeliharaan Allah (1), ayat alkitab agar tetap berpengharapan (1), ayat alkitab anak tuhan tidak akan dipermalukan (1), ayat alkitab berkaitan dengan pemberi nafas kehidupan (1), ayat alkitab berpengharapan pada tuhan (1), ayat alkitab hidup berpengharapan (1), ayat alkitab jangan lelah dilandang Nya Tuhan (1), ayat alkitab ketidak adilan (1), ayat alkitab ketidakadilan (2), ayat alkitab ketika kita tak berpengharapan (1), ayat alkitab muliakanlah Tuhan (1), ayat alkitab mutiara di saat iman goyah (1), Ayat Alkitab Orang yang mencari Tuhan tidak mencari Tuhan dengan sia-sia orang yang mencari Tuhan ti (1), ayat alkitab pengkhianatan dalam keluarga (1), ayat alkitab rindu kasih yesus (1), ayat alkitab sahabat yang berkhianat (1), ayat alkitab solusi konflik (1), ayat alkitab tentang berhianat (1), ayat alkitab tentang berkat nafas (1), ayat alkitab tentang berkhianat ke teman (1), ayat alkitab tentang berpengharapan (4), ayat Alkitab tentang berpengharapan kpd Tuhan (1), ayat alkitab tentang cinta tulus di balas dengan penghianatan (1), ayat alkitab tentang hubungan intim suami istri (1), ayat alkitab tentang jeri payah tidak sia sia (1), ayat alkitab tentang jumat agung (1), ayat alkitab tentang kebahagiaan emosi (1), ayat alkitab tentang kedisplinan (1), Ayat alkitab tentang kembalilah pada Yesus dan khotbahNya (1), ayat alkitab tentang kering, tidak ada berkat, hidup susah (1), ayat alkitab tentang ketidak adilan (2), ayat alkitab tentang ketidakadilab (1), ayat alkitab tentang ketidakadilan (5), ayat alkitab tentang konflik keluarga (1), ayat alkitab tentang memutar balik fakta (2), ayat alkitab tentang mengembalikan semangat dalam kristus (1), ayat alkitab tentang org yg d zolimi (1), ayat alkitab tentang peneguhan sidi (2), ayat alkitab tentang penolakan firman Tuhan (2), ayat alkitab tentang perseteruan dalam jemaat (1), ayat alkitab tentang saling tolong menolong (1), ayat alkitab tentang semakin di dihadang semakin merambat (1), ayat alkitab tentang tolong menolong (1), ayat alkitab tetap berpengharapan (1), ayat alkitab Tuhan sumber dari segalanya (1), ayat alkitab untu trendk peneguhan sidi keristen (1), ayat alkitab untuk beroengharapan (1), ayat alkitab untuk berpengharapan (1), ayat alkitab untuk berpengharapan bagi orang sakit (1), Ayat alkitab untuk jemaat yang konflik dalam rumah tangga (1), ayat alkitab untuk mengatasi masa sukar dalam kehidupan (1), ayat alkitab unuk.kita berpengharapan (1), ayat Alkitab utk mengatasi konflik keluarga Kristen (1), ayat alkitab yang tentang nafas kehidupan (1), ayat alkitab Yesus mengangkat harkat dan martabat manusia (1), ayat alkitan tentang kekuatan bagi orang yang trancam (1), ayat ayat alkitab untu berpengharapan (2), ayat ayat dalam alkitab tentang ketidakadilan (1), ayat ayat hotbah pa (1), ayat bacaan alkitab yang berhubungan dengan konflik (1), ayat berpengharapan (2), ayat bersyukur untuk pergumulan (1), ayat dalam alkitab ketidak adilan (1), ayat dalam alkitab yang menjelaskan tentang ketidakadilan (1), ayat dialkitap tetap tangguh (1), Ayat firman tentang sahabat yg berkhianat (1), ayat firman Tuhan jeri payah dalam Tuhan tidak sia-sia (1), ayat Firman Tuhan tentang Jumat Agung (1), Ayat Firman Tuhan tentang ketidak adilan (1), ayat firman Tuhan tentang ketidakadilan (1), ayat firmantuhan untuk kedatangan yesus membawa perubahan (1), ayat fitman TUhan tentang berpengharapan (1), ayat hidup beriman dan berpengharapan (1), ayat hidup dalam pengharapan (1), ayat injil harum melati (1), ayat injil tentang penghianatan (1), ayat keluarga bertumbuh dalam allah (1), ayat ketika mendapat ketidak adilan (1), ayat kristen tentang warisan keteladanan (1), ayat mendengar suara tuhan (1), ayat paskah tentang persembahan yang tulus (1), ayat pemberi renungan (1), Ayat penantian (1), ayat peneguhan sidi (1), Ayat Renungan bagi ketidakadilan (1), ayat renungan ikuti jalan tuhan (1), ayat renungan singkat dengan tema hidup beriman dan berpengharapan (1), Ayat renunggan hut gereja (1), ayat setiap jaman ada utusan (1), ayat soal keadilan dalam kitab pengkhotbah (1), ayat tentang allah peduli (1), ayat tentang berpengharapan kepada Tuhan (1), ayat tentang cinta kekasih di filipi (1), ayat tentang kesatuan dalam perbedaan (1), ayat tentang ketidakadilan dalam Alkitab (1), ayat tentang pergumulan kristen (1), ayat tentang sahabat berkhianat (1), ayat ttg pelaku kasih dan perdamaian (1), ayat Tubuh sebagai bait KudusNya (1), ayat untuk kekasih dlm dialog (1), ayat untuk orang yang berkhianat dalam kristen (1), ayat untuk sahabat yang berkhianat (1), ayat untuk tangan menjadi kuat (1), ayat yg isinya ketidak putus asa alkitab (1), ayat-ayat di masa sulit pdt petrus agung (1), ayatberpengharapan (1), ayat_alkitab_tentang_keadilan_ketidakadilan (1), Bacaan renungan malam singkat tentang pengkhianatan sahabat (1), bacaan seks sekeluarga (1), Bagaimana anak anak yang punya hidup dalam berpengharapan dlm ajaran kristen (1), bagaimana bertahan di tengah ketidakadilan dalam kristen (1), Bagaimana cara hidup berpengharapan dalam alkitab (1), bagaimana cara menerima penolakan pasangan dalam kristen (1), bagaimana cara menerima penolakan suami dalam kristen (1), Bagaimana cara mengatasi ketidakadilan di tengah tengah dunia ini ( bandingkan Pengkhotbah 3:16-22) (1), bagaimana cara menghadirkan firman tuhan di tengah kehidupan yang kacau (1), bagaimana hidup berpengharapan di agama kristen (2), Bagaimana hidup berpengharapan itu (1), bagaimana hidup dengan berpengharapan di dalam yesus (1), bagaimana kita bisa tetap bersyukur di tengah persoalan yang ada. fersi agama kristen. (1), Bagaimana kita memeprlihatkan bahwa kita mengasihi Allah . (1), bagaimana membangun iman sbg daya tahan ditengah arus zaman,sebuah khotbah kristen (1), bagaimana membangun jemaat (1), bagaimana mengalami penolakan dalam Tuhan (1), bagaimana mengatasi pilihan yang sulit menurut ayat alkitab (1), Bagaimana mengembalikan keimanan yg pudar (1), bagaimana mengenal allah melalui pengenalan akan diri sendiri dan mengenal diri sendiri melalui peng (1), bagaimana mengusahakan keluarga sebagai anugerah Allah (1), bagaimana menjadi orang Kristen yang berpengharapan? (2), bagaimana paulus memaknai pelayanannya di tengah penderitaan menurut 2 korintus 1:3-11 (1), bagaimana perempuan gereja mengalami penyertaan di tengah rasa takut (1), bagaimana supaya Allah peduli bagi umatnya (1), bagaimana/memuji/pasangan/kristen (1), bagaimanakah keluargamu melakukan kehendak allah secara konflik (1), Bagi Berkat.com (1), bahagia orang yang mencari tuhan (1), bahan ajar dari tafsiran kitab filipi 2:1-7 (3), bahan cerita anak sekolah minggu dari imamat 26:1-6 (1), bahan hotbah (1), bahan khotba dari pengkhotbah 3:16-22 (1), bahan khotba mazmur 48:1-9 (1), Bahan khotba pilipi 2:1-5 (1), Bahan khotbah 1 petrus 1: 3 - 5 dan uraian khotbah (1), bahan khotbah 1 petrus 1 (1), bahan khotbah 1 petrus 1 : 3 - 9 (1), bahan khotbah 1 petrus 1: 3-12 (1), bahan khotbah 1 petrus 1:3 (1), Bahan khotbah 1 petrus 1:3-12 (5), bahan khotbah 1 petrus 3:1-12 hidup suami istri (1), Bahan khotbah bersyukur (1), bahan khotbah bersyukur dan berpengharapan (1), bahan khotbah cara menghadapi tekanan hidup (1), bahan khotbah dari 1 petrus 2:5-10 (1), bahan khotbah dari kisah rasul 3:11-26 (1), Bahan Khotbah dari Kitab 1 Petrus 1:3-12 (1), bahan khotbah dari kolose 3 ayat 15 dalam berbahasa batak (1), Bahan khotbah dialogis (1), bahan khotbah efesus 1 3-14 (1), bahan khotbah efesus 1: 3-14 (1), bahan khotbah efesus 1:3-14 (2), bahan khotbah filipi 2:1-11 (2), bahan khotbah filipi 2:1-5 (1), bahan khotbah hari kemerdekaan (1), bahan khotbah hidup adalah pilihan (1), bahan khotbah hubungann suami istri 1 petrus 3:1-12 (1), bahan khotbah ibrani 12 (3)

    Kategori Utama: Artikel (52), Catatan Refleksi (83), Download Materi (2), Khotbah (268), Photo Keluarga (41)