aletlora.com
Doa adalah percakapan dengan Tuhan dan kesediaan untuk meng'amini' kehendak-Nya. Tetaplah 'bicara' dan setialah 'mendengar'. Itulah DOA.

View : 3947 kali

Artikel
Rabu, 28 Oktober 2020
Lukas 6: 13
SEMAR, BERGSON DAN GPIB
Pdt. Alex Letlora

SEMAR, BERGSON DAN GPIB
Gereja ini hadir dengan tugas utama memberitakan kabar sukacita kepada seluruh ciptaan Allah dan itu berarti gereja juga tidak terlepas keberadaannya sebagai yang bersukacita.

Gereja yang bersukacita bukanlah Gereja yang tanpa persoalan sebab pada hakikatnya dalam harmoni selalu hadir unsur yang berlawanan. Sukacita hadir karena hadir juga pergumulan dan tantangan. Tanpa kehadiran yang bersifat bertentangan maka sukacita itu sendiri tidak pernah ada. Dalam perspektif maka keberadaan Gereja senantiasa mengusung keterjalinan yang harmonis. Artinya pergulatan Gereja dalam usahanya memberitakan kabar baik selalu menukik pada realitas yang bisa menerima tetapi sekaligus bisa menolak.

Penerimaan dan penolakan yang harus diterima oleh Gereja sebagai entitas yang hidupnya berkelindan dengan realitas yang turut membentuk kualitas panggilan dan pengutusan. Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran Gereja dengan segala kekuatannya juga sekaligus memberi kesadaran tentang kerapuhannya untuk terus mewujudkan harmoni sebagaimana diamanatkan oleh Sang Kepala Gereja.

Ketika Gereja ini mampu berada diusia ke-72 tahun hal itu melampaui pendekatan rasional (positivism) yang teknis semata. Gereja ini berjuang di tengah dunia yang begitu riuh dengan berbagai peristiwa sehingga piawai untuk mewujudkan keteduhan. Di sisi ini penjelasan Bergson menjadi relevan bahwa dunia yang mengelaborasi pendekatan data dan rasional patut ditanggapi Gereja dengan pendekatan nurani. Yesus yang tergerak hati-Nya oleh belas kasihan menjadi contoh bahwa pendekatan-Nya bersifat holistik (band. Matius 14: 14, Lukas 7: 11-15) sehingga dalam tindakan-Nya tidak menunjukkan sikap reaktif. Demikianlah Gereja yang terus berjuang menjawab setiap peristiwa bukanlah Gereja yang reaktif melainkan Gereja yang terus menyuarakan kebenaran di tengah ketidakbenaran, tidak permisif, tidak menafikan akal budi, namun yang senantiasa berpaling pada sikapnya menjaga harmoni. Gereja yang mampu membaca kenyataan adalah Gereja yang juga berkaca pada dirinya sendiri sehingga bermuara pada pengertian yang tidak hanya rasional namun sekaligus mampu mengurai yang tidak terurai oleh rasio. Kesadaran inilah yang telah melengkapi Gereja untuk tidak pernah putus asa dalam tugas panggilan dan pengutusannya.

Keuletan Gereja yang tidak dibatasi oleh batas-batas dan bersifat missioner adalah Gereja yang mendeklarasikan harmoni baik di kota maupun desa, di pos-pos Pelkes dan berbagai suku. Sekalipun demikian Gereja ini tetap paham keterbatasannya untuk selalu menjaga hati untuk kebersamaan dengan saudara-saudarinya. Eksistensi Gereja ini tidak ditentukan oleh jumlah penggemar atau "follower' tetapi ditentukan sifatnya yang tergerak oleh nurani dan imajinasi untuk mewujudkan kehadiran yang harmoni.

Di tengah pandemik Covid-19 Gereja ini tidak kehilangan asa ketika air mata duka mengiringi mereka yang memberi diri dalam pelayanan. Air mata duka tidak akan pernah meluluhkan semangat Gereja ini untuk terus melangkah dengan iman, harap dan kasih. Diperistiwa ini ketangguhan Gereja sungguh teruji untuk tidak menampilkan wajah populis tetapi memperlihatkan pengenalan akan diri sebagai hasil dari berkaca pada diri sendiri sehingga bagai Ibu yang mengusap peluhnya dengan selendang batik di tanah gersang Gereja ini terus berjalan dalam panggilan dan pengutusannya. Di titik inilah Gereja hadir bagaikan Semar yang dengan wataknya sebagai sang penyampai pesan itu, tak lain dan tak bukan adalah Semar. Semar merupakan nama tokoh punakawan atau abdi paling utama dalam pewayangan. Tokoh ini dikisahkan sebagai pengasuh sekaligus penasihat para kesatria dalam pementasan kisah-kisah Mahabharata dan Ramayana. Semar yang hadir dengan ciri khasnya sedikit jambul di kepalanya hendak mempelihatkan sifat ceria dari anak-anak yang dibalut oleh wajah tua nan arif dan bijaksana.

Gereja ini juga menampilkan keceriaan yang memungkinkan anak-anak hingga mereka yang berusia lanjut menemukan kegembiraan mereka dalam pengenalan akan diri mereka sendiri. Semar yang hadir dengan kulit hitam bukanlah sebuah gambaran yang rasialis tetapi hitam yang berarti warna bumi menunjukkan bahwa di tengah berbagai tindakan yang dialaminya, bumi mampu memberi yang terbaik kepada manusia dan pada kahirnya mendekap manusia dalam akhir kisah kematian. Bumi yang diperlakukan tidak adil namun mampu menunjukkan sifat digdayanya memberi yang terbaik bagi manusia dengan menghasilkan segala kebutuhan manusia.

Itulah Gereja yang dengan warnanya yang tidak cemerlang dalam polesan kepalsuan namun memperlihatkan sifatnya untuk menumbuhkan kebajikan sekalipun sering diperlakukan tidak adil. Bagai Semar Gereja ini memaknai kehadirannya sebagai saluran berkat ketika tangan yang satu menengadah tetapi tangan yang lain menunjuk ke bawah. Bagai Semar Gereja ini memberitakan kabar sukacita kepada mereka yang berpangkat maupun mereka yang di lading.

Di Gereja ini hadir para pelayan firman dan sakramen yang telah memberi diri mereka untuk mendekap sebuah kitab. Para pelayan firman dan sakramen yang dalam keterbatasanya menyuarakn pesan dari yang Tak Terbatas. Semua dilakukan melampaui kebisingan duniawi yang sarat dengan istilah "stake holder'. Mereka yang memberi diri sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepada Allah.

Di sisi lain kehadiran para pelayan firman dan sakramen sungguh tidak mengabaikan mereka yang dalam diam menyerap segala luka, penolakan bahkan kesakitan. Mereka yang dalam diam menanggung beban sebagai konsekuensi mengikuti sang pelayan firman dan sakramen. Merekalah yang menyembuhkan ketika pelayan firman itu terluka, merekalah yang menerima ketika pelayan firman itu ditolak, mereka adalah pasangan dari sang pelayan firman dan sakramen. Mereka tidak memakai stola namun kehadiran mereka mencerahkan setiap stola yang dipakai presbiter. Di Gereja mereka hadir dengan sederet kelebihan dan juga kekurangan namun yang tidak memandang sesama sebatas fungsi. Mereka para diaken-penatua yang turut dalam arak-arakan pelayanan sang Gereja dan jerih lelah mereka mengabdikan diri dengan segala ketakutan dan keberanian yang memuncak pada rasa takjub mensyukuri karya-Nya.

Di Gereja yang mengabdikan pelayanan sampai pada batas usia adalah Gereja yang selalu mengarahkan pandangan kepada-Nya dan berbisik pelan kepada sesama "jangan datang kepadaku, tetapi datanglah kepada Dia yang membuka tali kasutnyapun aku tidak layak (band Lukas 6:13). Maka di usianya yang ke-72 tahun Gereja inipun berkata lirih "Ia harus semakin besar dan aku harus semakin kecil' (band Yoh. 3:30).

Selamat HUT GPIB, Tuhan selalu menyertaimu melampaui apa yang dapat engkau pikirkan. Maka hayatilah sukacitamu dalam harmoni dan sekaligus lugas untuk meyakini kabar sukacita yang dititipkan Tuhan kepadamu.

Maju terus bersama Tuhan Yesus sebab dalam persekutuan dengan-Nya jerih lelah tidak sia-sia.


Pdt. Alexius Letlora D.Th
Pendeta di GPIB Jemaat “Maranatha” Surabaya




Arsip Artikel:

Selasa, 12 Maret 2024
PENDETA DAN PARTISIPASI DALAM KERAPUHAN

Jumat, 19 Agustus 2022
PERGUMULAN ‘YES’, PUTUS ASA ‘NO’

Minggu, 19 Juni 2022
HARI BAPAK SEDUNIA

Kamis, 27 Januari 2022
MASIH ADA TUHAN

Jumat, 21 Agustus 2020
KONSEP PENGUATAN PERAN KELUARGA (PPK) GPIB DAN RELEVANSINYA

Selasa, 14 Juli 2020
GEREJA, STARBUCKS DAN KELUARGA

Rabu, 03 Juni 2020
GEREJA DAN MC DONALDS

Minggu, 26 Januari 2020
VITA EST BREVIS

Senin, 02 September 2019
ARTI SEBUAH KEBENARAN

Kamis, 07 Maret 2019
PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN 2019-2020

Arsip Artikel..

Mengenai Saya:

Pdt. Alexius Letlora D.Th

Saya adalah Pendeta di GPIB Jemaat “Maranatha” Surabaya.

Telah Melayani selama 33 tahun sejak desa Baras (Sulawesi Barat). Istri Conny Alma Letlora - Sumual, menjadi pendamping yang turut terlibat mendorong saya untuk semakin bertumbuh dalam pelayanan.
Kami diberkati 32 tahun yang lalu dan dikaruniakan anak-anak,  Linkan, Kezia dan Andrew sebagai anugerah Tuhan kepada kami. Kami sekeluarga bersyukur untuk semua kebaikan Tuhan dalam hidup kami.

MAJU TERUS BERSAMA YESUS SEBAB DALAM PERSEKUTUAN DENGAN-NYA JERI LELAH KITA TIDAK PERNAH SIA-SIA.
Popular:


KEKUATAN KELUARGA YANG BERSYUKUR
GEREJA YANG MELAYANI DAN BERSAKSI - DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN JEMAAT
HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
SEPATU YANG BERLUBANG
MAKNA KEMATIAN YESUS (Jumat Agung)
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
TUJUAN KETERPILIHAN MANUSIA


Sub Kategori Artikel:

    Last Searches:
    bentuk pelayanan marturia dalam gereja pantekosta (1), gambar genggaman tangan ibu dan anak (1), Koleksi Foto model baju peneguhan sidi (1), Kotbah Kristen Peran Keluarga dalam pelayanan (2), maksud panggilan, dan pengutusan orang kristian (1), Pengertian tugas gereja dalam bersaksi (1), Pengutusan gereja di dunia antara harapan dan realita (1), 3 hal wujud keterlibatan dalam tugas gereja (1), 3 tanggapan gereja dlm pengutusan dan panggilan (1), 4 ciri pelayanan gereja dalam tugas melayani (1), 5 ciri khas gaya hidup bersaksi (1), 5 tugas gereja dan penjelasannya (1), 5 tugas tugas gereja dan penjelasannya (1), ajaran teologi keluarga (1), akex letlora paduan suara (2), alasan peneguhan sidi menggunakan baju putih (1), alex letlora (1), alex letlora menikah (1), Alexius LetloRA (12), alexius letlora.com (1), alexius letora (1), alexletlora.com (1), allah sebagai penuntun (1), analisa teologi keluarga (1), anything (1), apa yang dimaksud dengan gereja yang melayani (1), apa arti gereja yang bersaksi (1), apa arti gereja yg melayani (2), Apa artinya gereja yang melayani (1), apa hubungan orang yang dipanggil yesus dengan Gereja (1), Apa hubungan pembangunan dengan pelayanan gereja (1), apa itu Gereja yang melayani? (1), apa itu panggilan dalam hubungannya dengan pilihan dan pengutusan (1), apa maksud kristus menghadirkan gereja di dunia (1), apa pengertian melayani dan bersaksi (1), apa tantangan yg dihadapi gereja dalam pengutusannya ke dunia (1), apa yang di maksud gereja untuk melayani (1), apa yang dgn gereja yang melayani (2), apa yang di maksud dengan gereja yang melayani (1), apa yang di maksud gereja yang bersaksi (1), Apa yang dimaksud dengan gereja harus bersaksi (1), apa yang dimaksud dengan gereja melayani (2), apa yang dimaksud dengan gereja yang bersaksi (2), apa yang dimaksud dengan gereja yang melayani (1), apa yang dimaksud dengan tugas Gereja bersaksi (3), apa yang dimaksud gereja untuk melayani (1), apa yang dimaksud gereja yang melayani (1), apa yang dimaksud gerja melayani (1), apa yg dimaksud gereja yang bersaksi (1), apakah jemaat perlu bersaksi tentang Tuhan (1), apakah lukas dan KPR merupakan kesatuan (2), Apakah pengertian koinonia,marturia,diakonia?????? (1), arti bersaksi menurut alkitab (1), arti dari gereja yang bersaksi (1), arti gereja bersaksi (1), arti gereja yang bersaksi (3), arti gereja yang melayani (11), arti gereja yang melayani adalah (1), arti gereja yg melayani secara konkrit (1), arti greja yang melayani (1), arti kebersamaan dalam keluarga (1), arti melayani bo (1), arti missio dei (1), arti pegangan tangan ibu dan anak (1), Arti tugas gereja yang bersaksi (1), arti tugas gereja yang melayani (1), artikel David G Benner (1), artikel hal keci yang menjengkelkan peristiwa 11 september (1), artikel melayani gereja (1), artikel peran allah dalam keluarga (1), Artikel Rencana Allah untuk Kehidupan Keluarga (1), artikel seorang bapak yang baik (1), artikel tentang bersaksi dan melayani (1), Artikel Teologi Keluarga (2), astromenda (1), ayah dan ibu alesius (1), ayat alkitab tentang pelayanan dalam paduan suara (1), ayat emas untuk peneguhan sidi (1), ayat yang menunjukkan allah membenci perusak hubungan (1), BAB 7 Gereja yang bersaksi (1), bagaimana gereja menyatakan tanda tanda kerajaan allah (1), bagaimana jemaat memberikan kesaksian melalui marturia (2), bagaimana peran kaum bapak terhadap negara (1), bagaimana seharusnya perilaku Pasangan Pendeta (1), bagaimana tugas gereja dalam bersaksi (1), bagaimana tugas greja dalam bersaksi (1), bahan khotbah pkb (1), bahan khotbah untuk yg angkat sidi (1), baju peneguhan sidi (3), baju putih sidi GPIB (1), baju sidi orang kristen (1), baju untuk peneguhan sidi jemaat (1), balung kere (1), bentuk gereja yang bersaksi (4), Bentuk jemaat bersaksi dgn tuhan (1), bentuk konkret gereja yang bersaksi (1), bentuk konkrit gereja yang bersaksi (1), bentuk pelayanan gereja (2), bentuk pelayanan gereja dalam hal bersaksi (1), berlubang sepatu (1), bersaksi gereja (1), bersaksi agar jemaat bertumbuh (2), Bersaksi dalam gereja (1), BERSAKSI MENURUT ALKITAB (1), bersaksi sebagai insan gereja (1), biasanya sidi memakai baju (1), blog alexius letlora (2), blog pdt alexius letlora (3), blogspot alexletlora (1), bunda genggam tangan mu nak (1), cara keluarga mewartakan kerajaan allah (2), Catatan khotbah untuk persekutuan pelayan (1), Ciri gereja melayani allah yg bersifat (1), ciri khas pelayanan gereja (1), ciri" koinonia (4), ciri-ciri bersaksi yang baik (1), ciri-ciri pelayanan Gereja (1), ciri-ciri pengajaran warga jemaat bersifat partisipatif (1), citra allah dan lgbt (1), contoh doa pengutusan misi (1), contoh gambar pasangan kristen (1), contoh gereja yang bersaksi (1), contoh khotbah ibadah syukur sidi baru (1), Contoh narasi paduan suara (1), contoh peristiwa menjengkelkan dirumah (1), contoh peristiwa yang menjengkelkan (1), Contoh renungan peneguhan sidi baru. (1), Contoh renungan syukuran peneguhan sidih (1), daftar lagu koor untuk tugas minggu pertama (1), dalam persekutuanmu dengan Tuhan jerih lelahmu tidak sia-sia maknaya (1), dasar kepemimpinan kristen oleh Pdt. Eka Darmatera (1), di panggil untuk bersaksi renungan (2), diakonia gereja yang melayani (1), dianggap tidak waras (1), doa paskah oleh pdt alex letlora (5), Doa peneguhan sidi (2), Doa peneguhan sidi baru (1), Doa Pengutusan (1), doa pengutusan gereja (1), doa renungan sidi baru (1), doa selesai peneguhan sidi (1), doa ucapan syukur peneguhan sidi (1), etika kepemimpinan kristen (1), figur bapak dalam hidup sebagai keluarga Allah (1), foto genggaman tangan bayi dengan ibunya (1), foto nikah kristen (1), foto pernikahan kristen (1), foto sepatu sidi (1), fungsi dan peran nyanyian dalam ibadah (1), fungsi pdt fungsi penatua dan fungsi diaken (1), gamabar poto tangan bayi sedang di genggam (1), Gambar baju untuk peneguhan sidi (1), gambar gengaman tangan ibu dan tangan anak laki laki (2), gambar genggaman tuhan (1), gambar kata suami istri kristen (1), gambar pernikahan kristen (1), gambar seorang genggaman tangan (1), gambar tangan anak menggenggam tangan mama (1), gambar tangan bunda dan anak nya (1), gambar+yesus+tangan+genggam+ (1), genggam tangan bunda nak (1), genggaman seorang ayah (1), genggaman tagan pada bAYG (1), genggaman tangan (1), genggaman tangan anak (1), genggaman tangan ibu (1), genggaman tangan malam (1), gereja bersaksi (5), Gereja bersaksi melalui? (1), gereja dalam konteks rasul paulus (1), gereja di tempatkan allah untuk (1), gereja dipanggil dari kepada teang yang ajaib dan diutus untuk apa (1), gereja dipanggil untuk bersaksi (1), gereja dipanggil untuk bersaksi tujuannya adalah (1), gereja hadir sebagai tanda kerajaan allah (1), gereja harus berorientasi (2), gereja harus bersaksi (3), Gereja harus bersaksi(marturia)ialah (1), gereja melayani (7), gereja menyatakan tanda tanda kerajaan Allah (1), gereja menyatakan tanda-tanda kerajaan allah (1), gereja sebagai fungsional (1), gereja sebagai keluarga mini (1), gereja tanpa marturia pada dasarnya mati (1), gereja yan melayani m karatem (1), gereja yang bersaksi (32), gereja yang bersaksi (martyria) (2), gereja yang bersaksi dan di melayani dunia (1), Gereja yang bersentuhan dengan dunia ini (1), gereja yang bertumbuh, melayani dan bersaksi (1), gereja yang fungsional (1), gereja yang melayani (27), gereja yang melayani adalah (1), gereja yang melayani adalah gereja yang (1), gereja yang melayani dan bersaksi (3), gereja yang memberi (4), gereja yang persekutuan dan melayani (1), gereja yangbersaksiialah (1), gereja yg bersaksi (3), Gereja yg bersaksi adalah (1), gereja yg bersaksi disebut (1), gereja yg melayani (4), gereja yg melayani-ciri' pelayanan dalam gereja (2), gmbr ank sedang menggemgam tgan ibunya (1), gmbr hati dlm genggaman (1), greja harus bersakasi tugas ini sering disebut (1), Greja yang melayani (1), greja yg bersaksi dan melayani (1), hakekat kepemimpinan kristen (1), hakikat etika kepemimpinan kristen (2), hakikat kepemimpinan kristen (2), hal kecil yg sangat menjengkelkan (1), hambatan bersaksi di jemaat (1), happy anniversary 10th buat suami dalam kristen (1), Homoseks adalah anugerah Allah. Ini merupakan salah satu argumen yang diberikan oleh Troy Perry, se (1), hotba peneguhan sidi (1), HOTBA PENEGUHAN SIDI (1), hotbah peneguhan sidi (1), HOTBAH SIDI (1), hotbah sukuran sidi (1), hotbah untuk sidi baru (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=117 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=53 (4), http://alexletlora.com/index.php?ipage=84 (5), http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.alexletlora.com/index.php?ipage%3D322 (1), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=270 (1), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=53 (7), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=84 (4), hubungan antara jemaat dan gereja (1), hubungan komunikasi pembangunan dalam pelayanan gereja (1), hubungan paduan suara dengan alkitab (1), hukum perkawinan kristen (1), hut 33 pelkat pt (1), ibadah minggu bukan konser (1), ibadah minggu bukan lah konser (1), ibadah paduan suara yang unik (1), index artikel menjengkelkan (1), inspirasi jalan salib (1), inspirasi kristen tangan yg berlubang (1), janji Allah kepada Gereja para rasul (1), jawaban arti kristus menghadirkan gereja di dunia (1), jelas iman adalah jawaban atas pangilan allah (1), jelaskan apa artinya gereja yang melayani (1), jelaskan apa yang dimaksud gereja yang melayani (1), jelaskan mengapa gereja tanpa marturia atau kesaksian pada dasarnya telah mati (2), jelaskan pengertian tugas gereja persekutuan, pelayanan, kesaksian, (1), jemaat bersaksi di gereja (2), jemaat yang bersaksi (5), jemaat yang bersaksi bagi Tuhan (1), jemaat yang melayani (5), Jemaat yg melayani (1), jerih lelahmu didalam tuhan tidak sia2 (1), jerih lelahmu tidak sia-sia (3), jerih lelahmu untuk Tuhan tidak ada yang sia-sia (1), judul setiap jalan salib yesus (1), karya Allah dalam gpib (1), kata-kata pengutusan tentang doa untuk dunia (1), katekisan adalah (1), keadilan yang tidak memandang muka (1), kecil dan menjengkelkan (1), kehadiran gereja untuk bersaksi adalah (1), kejadian 3:9 merencanakan kehadiran gereja (1), keluarga sebagai gereja mini (1), kemerdekaan keluarga kristen (1), kenangan bersama katekisan (1), kendala kehadiran kebaktian di sektor gereja (1), Kepemimpinan Kristen (1), Kepemimpinankristen (1), kesaksian jemaat tentang kebaikan Tuhan dalam jemaat (1), kesaksian pelayanan diakonia (1), Kesaksian,pesekutuan,melayani (1), ketegangan dalam gereja katolik tentang misi (1), khitbah peneguhan sidi baru (1), khotba peneguhanbsidi (1), khotba syukur pemuda kristen atas selesax peneguhan sidi (1), Khotbah tentang peneguhan sidi baru kristen (1), Khotbah anggota sidi baru (1), khotbah angkat sidi (1), Khotbah badai hidup (1), khotbah bagi sidi baru (1), khotbah bersaksi (1), Khotbah bersaksi tanpa bersuara (1), khotbah bersama dalam melayani (2), khotbah ciri-ciri gereja yang bersaksi (1), khotbah dipanggil untuk bersaksi (1), khotbah geraja menjadi berkat (1), khotbah gereja yang bersaksi (6), khotbah gereja yang melayani (1), khotbah gereja yg melayani (1), Khotbah GKJ: Awan menjadi tudung, api menerangi malam (2), khotbah hut bapak (4), khotbah hut pelayanan kategorial perempuan ke 65 (1), khotbah hut pkb (4), khotbah HUT Seorang Bapak (2), khotbah ibadah peneguhan sidi (1), Khotbah ibadah syukur sidi baru (1), khotbah jemaat yang bersaksi (1), khotbah katekisan (3), khotbah kej 1-27-28 (1), khotbah kristen gkjw peneguhan sidi baru (1), khotbah kristen kaum bapak (1), khotbah kristen memberdayakan umat untuk melayani (1), khotbah kristen tema bersaksi (1), khotbah kristen tentang peneguhan sidi (1), khotbah kristen ttg ibadah syukur (1), khotbah kristen ttg peneguhan sidi (1), khotbah kristen ttg sidi baru (1), khotbah kristen untuk peneguhan sidi (1), Khotbah Kristen untuk peneguhan sidi baru (1), khotbah lukas 8:21 (1), Khotbah Mazmur 150; 1- 6 (1), khotbah mengenai bersaksi dan melayani (1), khotbah mengenai menjadi jemaat yang melayani (1), Khotbah minggu tentang kelurga dan peneguhan sidi (1), khotbah orang sidi (1), khotbah pelayan yang bersaksi dalam gereja (1), khotbah peneguhan keluarga (1), khotbah peneguhan sidi (74), khotbah peneguhan sidi baru (12), khotbah peneguhan sidi jemaat (6), khotbah peneguhan.sidi (3), khotbah peneguhan.sidi naru (3), khotbah pengutusan ysng di berkati (1), khotbah pentakosta tentang gereja diutus menjadi saksi kristus (1), khotbah penutupan pelayanan (1), khotbah peran seorang aysh ditengah keluarga (1), khotbah pkb (1), khotbah prngutusan pendeta (1), khotbah selesai peneguhan sidi (1), khotbah sidi (9), Khotbah Sidi Baru (3), khotbah sidi jemaat (1), khotbah singkat untuk katekisan (1), khotbah syukur peneguhan sidi (8), khotbah syukur sidi (1), khotbah syukur sidi jemaat baru (4), khotbah syukuran sidi jemaat (1), khotbah tentang bersaksi (1), Khotbah tentang doa syukur sidi (1), khotbah tentang jemaat yang bersaksi (1), khotbah tentang orang muda yang sidi (1), khotbah tentang paduan suara (4), khotbah tentang paduan suara atau memuji Tuhan (1), khotbah tentang peneguhan sidi (9), khotbah tentang penutupan pelayanan (1), khotbah tentang tri tugas gereja (1), khotbah tri panggilan gereja (1), khotbah ttg peneguhan sidi (1), khotbah ulang tahun bapak (3), khotbah ultha pkb (1), khotbah untuk anak yang angkat sidi (1), khotbah untuk ibadah syukur sidi baru (1), khotbah untuk pelayanan paduan suara (1), khotbah untuk peneguhan sidi (1), khotbah untuk peneguhan sidi baru (12), khotbah untuk persekutuan bapak kristen (1), khotbah untuk persekutuan paduan suara (1), khotbah untuk sidi (6), Khotbah untuk sidi baru (1), Khotbah untuk yang sidi (1), khotbah*peneguhan sidi (1), Khotbah, I Petrus 2 : 1 - 10 Memberdayakan umat untuk melayani (1), Khotbah, I Petrus 2 : 5, Memberdayakan umat untuk melayani (1), khotbah: ciri-ciri wanita yang bersaksi bagi tuhan (1), khotbahtentangsepatu (1), kisah ayah mengantar anaknya sekolah (1), kliping tentang kesaksian gereja (1), koinonia dalam perspektif keluarga (1), koinonia sebagai ciri khas pelayanan gereja (1), Kotba ibadah bapa dan pemuda (1), kotbah jemaat bersaksi (1), kotbah jemaat yang melayani (1), kotbah kebaktian syukur sidibaru (1), kotbah kristen : memberdayakan umat untuk melayani (1), kotbah mengenai peneguhan (1), kotbah peneguhan (1), kotbah Peneguhan SIDI (2), kotbah sidi (1), kotbah sngkat sidi (1), kotbah ttg pengutusan (1), kotbah tugas pelayanan di greja (1), kotbahsyukurpeneguhansidi (1), Kristus di tengah badai di danau Galilea karya rembrandt van rijn (1), kualitas kesaksian dalam persekutuan (2), KUALITAS SEORANG PEMIMPIN MUDA DALAM ALKITAB (1), kuasa pentakosta (1), kudusnya hidup (1), lagu sidi pemuda (1), lagu pengutusan umat ketebusan (1), lagu tentang gereja yang bersaksi dan melayani di dunia (1), LGBT dalam prospektif iman kristen (1), lukas dan KPR merupakan kesatuan (2), maha kuasa Allah (1), makalah dari kosuke koyama (1), makalah gereja yang bersaksi (2), makalah perintah adil dan bertanggung jawab (1), makna berdaksi dan meyakini (1), Makna bersaksi dimiliki gereja (1), makna etika kepemimpinan kristen (1), makna gereja yang bersaksi (1), makna greja yang bersaksi (1), makna kenyamanan dalam menggenggam tangan (1), makna panggilan dan pengutusan gereja (1), makna pelayanan dan kesaksian oleh gereja GPIB (1), makna pengutusan gereja (1), makna pengutusan tuhan (1), maksud dan tujuan panggilan dan pengutusan gereja (1), Maksud dari bersifat partisipatif warga jemaat (1), maksud dari gereja yang bersaksi (1), maksud dari gereja yang melayani.? (2), maksud gereja dipanggil untuk bersaksi adalah (1), maksud gereja yang melayani (2), maksud gerja yang bersaksi (1), maksud pelayanan gereja tidak bersifat individual tetapi kolektif (1), malam refleksi peneguhan sidi (1), marturia berperan untuk (1), marturia,koinonia,diakonia gpib (2), masalah saat pemilihan pelayanan gereja (1), melayani adalah keharusan Yesus (1), melayani dalam jemaat (1), melayani dan bersaksi dalam kasih (1), melayani di dlam jemaat (1), memayu hayuning bawono (3), membangun gereja yang melayani (1), membangun paduan suara (1), membangun pelayanan bersama pasangan hiduo (1), memberdayakan umat untuk melayani jemaat dalam gereja (1), membina paduan suara gereja (1), mengapa gereja bersaksi (2), Mengapa gereja di sebut sebagai bersaksi (1), Mengapa gereja disebut bersaksi (1), mengapa gereja disebut sebagai bersaksi (1), mengapa gereja harus melayani dunia (1), Mengapa gereja harus melayani? (1), mengapa gereja itu harus melayani (1), mengapa keluarga disebut gereja mini (1), mengisi kemerdekaan dalam kristus (1), menguatkan genggaman tangan (1), meningkatkan kehadiran kaum bapak (1), Menjadi gereja yang melayani (1), menjadi jemaat yg bersaksi (2), menjafi seorang pelayan warga (1), menjelaskan hakikat kepemimpinan kristen (2), merdeka adalah (1), merdeka dalam Tuhan yesus (1), mewujudkan kesatuan keluarga dalam ikatan kasih (1), misi Gereja dalam KPR (1), misi seorang bapak yang baik (2), model baju peneguhan sidi (2), model baju putih untuk acara sidi (1), model baju untuk peneguhan sidi (4), motivasi pemimpin kristen adalah kasih (1), nehemia 9:21 (1), nengapa gereja harua melayani ? (1), nikah kristen (1), nyanyia mazmur (1), orang bertumbuh melalui bersaksi (1), paduan suara agape gpib immanuel bekasi (1), paduan suara kebenaran (1), pandangan paulus mengenai gereja adalah umat Allah (1), panggilan dan pengutusan gereja (5), panggilan dan pengutusan gereja yang ideal (1), Panggilan gereja untuk mau dan terus memberitakan perbuatan perbuatan allah yang besar, nampak dalam (1), panggilan greja bersaksi dan melayani (1), panggilan untuk paduan suara gereja (1), pangilan sebagai orang kristen (1), para diaken dan penatua harus pasangan suami istri (1), pdt alexius letlora (2), pdt. alex letlora (1), pelaksanaan di dalam keluarga sebagai gereja mini (1), pelayan yang memberdayakan, kristen (1), pelayanan dan kesaksian dalam perspektif (1), pemahaman para teolog mengenai puji-pujian sebagai anugerah (2), pembangunan jemaat (4), Pembinaan bagi Pelayan Tuhan (1), pembinaan istri pendeta (1), pembinaan penatua dan diaken (1), pemimpin yang baik menurut kristen (1), pemimpin yang bisa diandalkan oleh Tuhan (1), Pemuda nekat, idealis (1), penatua dan pasangannya (1), pendeta alex letlora (1), peneguhan sidi dengan pakaian berwarna putih (2), peneguhan sidi gpib (1), peneguhan sidi terjadi (1), Penerapan kepemimpinan kristen dalam Amsal 17:7-10 (1), pengalaman tentang keterlibatan umat di dalam gereja seperti koor (1), Pengertian dari gereja yang melayani (1), pengertian dari manusia bersaksi dan melayani dalam kristen (1), pengertian gereja dan pengutusan gereja (1), pengertian gereja harus bersaksi,gereja harus melayani (1), pengertian gereja melayani (1), Pengertian gereja secara fungsional (1), Pengertian gereja yang bersaksi dan melayani di dunia (1), pengertian gereja yang melayani (4), pengertian gereja yg melayani (2), pengertian marturia atau kesaksian menurut alkitab (2), pengertian panggilan dan pengutusan gereja (1), pengertian pemimpin berpengharapan baik (1), pengertian tugas melayani dalam gereja (1), pengutusan gereja dalam dunia (1)

    Kategori Utama: Artikel (52), Catatan Refleksi (83), Download Materi (2), Khotbah (273), Photo Keluarga (43)